Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22047
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Zulkarnain-
dc.contributor.authorPurba, Wina Afriani-
dc.date.accessioned2023-11-22T03:49:03Z-
dc.date.available2023-11-22T03:49:03Z-
dc.date.issued2023-09-29-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22047-
dc.description92 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui saluran pemasaran, Untuk mengetahui Fungsi pemasaran di Desa Rakut Besi Kecamatan Pamatang Silimahuta Kabupaten Simalungun, Untuk mengetahui seberapa besar biaya pemasaran jeruk di Desa Rakut Besi Kecamatan Pamatang Silimahuta Kabupaten Simalungun, Untuk mengetahui margin pemasaran,share margin pemasaran di Desa Rakut Besi Kecamatan Pamatang Silimahuta Kabupaten Simalungun, Untuk mengetahui efesiensi pemasaran di Desa Rakut Besi Kecamatan Pamatang Silimahuta Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan untuk penelitian ini Pengambilan sampel petani jeruk dilakukan dengan metode Quota sampling (sampel kuota). Hasil penelitian dan Pembahasan menunjukkan diketahui bahwa ada 3 saluran pemasaran yang terjadi. Yang pertama yaitu Petani→Pedagang besar. Saluran kedua Petani→Pedagang Pengumpul→Pedagang Besar. Dan saluran ketiga Petani→ Agen→Pedagang Pengumpul→Pedagang Besar. Efisiensi setiap saluran pemasaran termasuk dalam kategori efisien karena nilai efisien < 50% yaitu saluran I sebesar 17,05 %, saluran II sebesar 26.75% dan saluran ke III yaitu sebesar 25,44%. Namun dalam penelitian ini saluran pemasaran pertama lebih efisien karena nilai efisiensi lebih kecil dibandingkan saluran pemasaran yang kedua dan ketiga. This study aims to find out the marketing channel To find out the marketing function in Rakut Besi Village, Pamatang Silimahuta District, Simalungun Regency, To find out how much the marketing cost of oranges in Rakut Besi Village, Pamatang Silimahuta District, Simalungun Regency, To find out the marketing margin, share the marketing margin in Rakut Besi Village, Pamatang Silimahuta District, Simalungun Regency, To find out the marketing efficiency in Rakut Besi Village, Pamatang Silimahuta District, Simalungun Regency. The method used for this study was sampling of orange farmers carried out by the Quota sampling method. The data analysis model used is Descriptive Analysis based on surveys and observations conducted in the research area. The results of research and discussion show that it is known that there are 3 marketing channels that occur. The first is Farmer→ Wholesaler. The second channel is Farmer→Collecting Merchant→Wholesaler. And the third channel Farmer→Agent→Merchant Gatherer→Wholesaler. The efficiency of each marketing channel is included in the efficient category because the efficient value < 50%, namely channel I of 17.05%, channel II of 26.75% and channel III of 25.44%. However, in this study, the first marketing channel is more efficient because the efficiency value is smaller than the second and third marketing channels.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198220127-
dc.subjectjeruken_US
dc.subjectsaluran pemasaranen_US
dc.subjectmarjin pemasaranen_US
dc.subjectshare marjinen_US
dc.subjectefesiensi pemasaranen_US
dc.subjectorangeen_US
dc.subjectmarketing channelen_US
dc.subjectmarketing marginen_US
dc.subjectshare marginen_US
dc.subjectmarketing efficiencyen_US
dc.titleAnalisis Pemasaran Jeruk (Citrus Sinensis L) (Studi Kasus: Desa Rakut Besi, Kecamatan Pamatang Silimahuta, Kabupaten Simalungun)en_US
dc.title.alternativeMarketing Analysis of Oranges (Citrus Sinensis L) (Case Study: Rakut Besi Village, Pamatang Silimahuta District, Simalungun Regency)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198220127 - Wina Afriani Purba - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.61 MBAdobe PDFView/Open
198220127 - Wina Afriani Purba - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV541.69 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.