Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22073
Title: Pengaruh Social Media Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Pesenjama Coffee Medan
Other Titles: The Influence of Social Media Marketing and Word Of Mouth on Purchasing Decisions Pesenjama Coffee Medan Customers
Authors: Maulana, Agung
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Adelina
Keywords: Social Media Marketing;Word of Mouth;and Purchasing Decisions;Pemasaran Media Sosial;Dari Mulut Ke Mulu;dan Keputusan Pembelian
Issue Date: 11-Sep-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188320014
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social media marketing dan word of mouth mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni 300 pelanggan Pesenjama Coffe selama sebulan pada bulan Desember 2022. Penelitian ini menggunakan sebanyak 75 responden, dengan menggunakan rumus slovin sebagai teknik pengambilan sampelnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi ( ) dengan ,menggunakan software SPSS (Statistic Product and Service Solution). Data penelitian bersumber dari data primer dan diambil dengan cara menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel independen yaitu social media marketing dan word of mouth terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Variabel social media marketing diperoleh thitung (3,926) > ttabel (1,669) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan untuk variabel word of mouth diperoleh thitung (13,316) > ttabel (1,669) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan social media marketing dan word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian Pesenjama Coffe. Dan uji F diperoleh dengan nilai fhitung > ftabel (3,852 > 3,12) dengan probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel social media marketing (X1) dan word of mouth (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y). This study aims to determine whether social media marketing and word of mouth have an influence on purchasing decisions. The population used in this study is 300 Pesenjama Coffee customers for a month in December 2022. This study used 75 respondents, using the slovin formula as the sampling technique. Hypothesis testing in this study uses statistical analysis consisting of validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression, F test, t test and coefficient of determination ( ) using SPSS (Statistic Product and Service Solution) software. The research data is sourced from primary data and taken by distributing questionnaires. The results of the study show that there is a relationship between the independent variables, namely social media marketing and word of mouth, on the dependent variable of purchasing decisions. The social media marketing variable obtained tcount (3.926) > ttable (1.669) with a valuea significance of 0.000 <0.05 and for the word of mouth variable obtained tcount (13.316) > ttable (1.669) with a significant value of 0.000 <0.05. So it can be concluded that social media marketing and word of mouth have a significant positive effect on purchasing decisions for Pesenjama Coffee. And the F test is obtained with a value of fcount > ftable (3.852 > 3.12) with a significant probability much smaller than 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that social media marketing variables (X1) and word of mouth (X2) simultaneously influence the purchasing decision variable (Y).
Description: 74 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22073
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188320014 - Agung Maulana - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.28 MBAdobe PDFView/Open
188320014 - Agung Maulana - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV613.98 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.