Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22357
Title: Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Arista Jaya Lestari (Wuling Motors) Dealer Cabang Ringroad Medan Meningkatkan Penjualan
Other Titles: Marketing Communication Strategy PT. Arista Jaya Lestari (Wuling Motors) Ringroad Medan Branch Dealer Increase Sales
Authors: Marpaung, Zefanni
metadata.dc.contributor.advisor: Sahputra, Dedi
Keywords: Marketing Communication Strategy;PT. Arista Jaya Lestari;Wuling Motors;Increased Sales;Strategi Komunikasi Pemasaraan;Peningkatan Penjualan
Issue Date: Oct-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198530066
Abstract: Wuling Motors hadir di Indonesia pada tahun 2017, Wuling Motors berkembang hingga ke suluruh Indonesia khususnya Sumatera Utara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena karena Wuling Motors salah satu brand otomotif terbaru masuk ke Indonesia yang berasal dari negara Tiongkok atau China. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui startegi komunikasi pemasaran yang dilakukansales consultant dalam penjualan langsung (direct marketing) PT. Arista Jaya Lestari Wuling Motors cabang ringroad dalam meningkatkan penjualan. Teori yangdigunakan untuk mengkaji pemasaran Wuling Motors cabang ringroad adalah teorikomunikasi pemasaran, teori mengenai beberapa hambatan serta dikolaborasi teori AIDA yang berhubungan pada startegi komunikasi pemasaran yang dilakukan olehPT. Arista Jaya Lestari Wuling Motors cabang ringroad. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dan informan penelitian menggunakan purposive, penelitian ini memiliki lima informan yaitu kepala cabang ringroad bapak Rudy Aditya, bapak Bayu Laksono sebagai sales consultant, ibu Novita Sari sebagai sales counter, ibu Elfrida Nababan sebagai konsumen, dan bapak Sebastian Marpaung sebagai triangulator dalam penelitian ini. Penelitian menunjukkan bahwa Wuling Motors cabang ringroad memiliki beberapa cara pemasaran seperti membuat pameran, memasarkan melalui website resmi Wuling Motors, memasarkan lewat sosial media (Instagram, Youtube, Tiktok), whatsap blast, dan direct marketing (pemasaran secara langsung). Wuling Motors cabang ringroad melakukan Product knowledge untuk mengedukasi para sales terutama dalam melakukan pemasaran melalui direct marketing. Hambatan yang terjadi khususnya Wuling Motors cabang Ringroad kurangnya pemahaman sales dalam melakukan strategi komunikasi dan kurangnya pemahaman terhadap product knowledge. Wuling Motors was present in Indonesia in 2017, Wuling Motors expanded throughout Indonesia, especially North Sumatra. This research is motivated by the phenomenon because Wuling Motors is one of the newest automotive brands to enter Indonesia, originating from China or China. The purpose of this research is to find out the marketing communication strategy used by sales consultants in direct marketing at PT. Arista Jaya Lestari Wuling Motors Ringroad branch in increasing sales. The theory used to study the marketing of Wuling Motors ringroad branch is marketing communication theory, the theory of several obstacles and the collaboration of AIDA theory related to the marketing communication strategy carried out by PT. Arista Jaya Lestari Wuling Motors Ringroad branch. The research was conducted using qualitative methods and research informants used purposive, this study had five informants, namely the head of the ringroad branch, Mr. Rudy Aditya, Mr. Bayu Laksono as a sales consultant, Mrs. Novita Sari as a sales counter, Mrs. Elfrida Nababan as a consumer, and Mr. Sebastian Marpaung as triangulator in this study. Research shows that Wuling Motors ringroad branch has several marketing methods such as making exhibitions, marketing through the official Wuling Motors website, marketing via social media (Instagram, Youtube, Tiktok), WhatsApp blast, and direct marketing. Wuling Motors ringroad branch conducts product knowledge to educate salespeople, especially in conducting marketing through direct marketing. Obstacles that occur, especially Wuling Motors Ringroad branch, lack of understanding of sales in carrying out communication strategies and lack of understanding of product knowledge.
Description: 93 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22357
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198530066 - Zefanni Marpaung - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.08 MBAdobe PDFView/Open
198530066 - Zefanni Marpaung - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV677.83 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.