Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22693
Title: Pengaruh Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkm Di Kota Medan
Other Titles: The Influence of Product Innovation and Competitive Advantage Towards Business Success in MSMEs In Medan City
Authors: Mulia, Fajar
metadata.dc.contributor.advisor: Tarigan, Eka Dewi Setia
Keywords: Product Innovation;Competitive Advantage and Business Success;Inovasi Produk;Keunggulan Bersaing dan Keberhasilan Usaha
Issue Date: 10-Oct-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198320337
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha, untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha dan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan inovasi produk dan keunggulan bersaing secara simultan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM didaerah Kota Medan sebanyak 1.828 UMKM. Sampel dalam penelitian sebanyak 95 UMKM di Kota Medan yang diambil dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (Uji t), uji signifikasi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha, terdapat pengaruh positif dan signifikan keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha UMKM Di Kota Medan. The purpose of this study was to determine the positive and significant effect of product innovation on business success, to determine the positive and significant effect of competitive advantage on business success and to determine the positive and significant effect of product innovation and competitive advantage simultaneously on business success in MSMEs in Medan City. . The population in this study were 1,828 SMEs in the Medan City area. The sample in the study was 95 MSMEs in Medan City which were taken using the slovin formula. The data collection technique used in this study was carried out by distributing questionnaires. The analysis technique used in this study is multiple linear regression, partial test (t test), simultaneous significance test (F test) and the coefficient of determination. The results showed that there was a positive and significant effect of product innovation on business success, there was a positive and significant influence of competitive advantage on business success and there was a positive and significant influence simultaneously of product innovation and competitive advantage on the success of MSME businesses in Medan City.
Description: 87 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22693
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320337 - Fajar Mulia - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.93 MBAdobe PDFView/Open
198320337 - Fajar Mulia - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV414.94 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.