Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22719
Title: | Pengaruh Beban Kendaraan terhadap Kerusakan Perkerasan Lentur (Aspal) |
Other Titles: | Effect of Vehicle Load on Damage to Bending Pavement (Asphalt) |
Authors: | Octovian, Iskandar |
metadata.dc.contributor.advisor: | Hermansyah |
Keywords: | perkerasan lentur;truck factor;umur rencana;flexible pavement;truck factor;planned life |
Issue Date: | 10-Aug-2023 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Series/Report no.: | NPM;178110198 |
Abstract: | Salah satu infrastruktur yang memiliki fungsi vital adalah jalan. Dalam fungsinya sebagai penghubung suatu wilayah ke wilayah lain, jalan harus dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan. Seiring pertumbuhan populasi yang bergerak lurus dengan pertumbuhan lalu lintas, jalan akan mengalami penurunan fungsi strukturalnya sesuai dengan bertambahnya umur. Ruas jalan Sp. Ujung Aji – bts. kota Kabanjahe merupakan salah satu ruas jalan dengan tingkat kepadatan yang tinggi di provinsi Sumatera Utara, dimana wilayah tersebut merupakan jalur pariwisata ke kabupaten Karo maupun sebagai penghubung ke wilayah administrasi lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beban kendaraan terhadap kerusakan perkerasan lentur pada ruas jalan Sp. Ujung Aji – bts. kota Kabanjahe untuk selanjutnya mengetahui dampak beban kendaraan terhadap kerusakan perkerasan jalan yang mempengaruhi kinerja jalan pada ruas jalan tersebut. Beban kendaraan berlebih yang melintas berkorelasi positif terhadap kerusakan perkerasan lentur (aspal) dan menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan yang dapat mengurangi umur rencana perkerasan lentur (aspal) pada ruas jalan tersebut. Hasil nilai truck factor yang lebih dari 1, yang berarti ruas jalan tersebut mengalami beban berlebih (overload) terhadap kendaraan dengan beban maksimum diatas 8 Ton. Penanganan jalan perlu dilakukan secara hati-hati dimana ruas jalan tersebut merupakan jalur perlintasan, terutama kendaraan dengan tonase yang tinggi. One infrastructure that has a vital function is roads. In its function as a link between one region and another, roads must be able to provide comfort for road users. As population growth moves in line with traffic growth, roads will experience a decline in their structural function as they age. Sp. Ujung Aji – bts. Kabanjahe city is one of the roads with a high density in North Sumatra, where this area is a tourism route to Karo district and as a link to other administrative areas. The aim of this research is to determine the effect of vehicle load on flexible pavement damage on the Sp. Ujung Aji – bts. kota Kabanjahe to further determine the impact of vehicle loads on road pavement damage which affects road performance on this road section. Excessive vehicle loads passing by have a positive correlation with damage to flexible pavement (asphalt) and are one of the factors causing damage that can reduce the planned life of flexible pavement (asphalt) on that road section. If the truck factor value being more than 1, which means that the road section is experiencing an overload of vehicles with a maximum load of more than 8 tonnes. Road handling needs to be done carefully where the road section is a crossing route, especially for vehicles with high tonnage. |
Description: | 83 Halaman |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22719 |
Appears in Collections: | SP - Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
178110198 - Iskandar Octovian - Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 2.59 MB | Adobe PDF | View/Open |
178110198 - Iskandar Octovian - Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 411.87 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.