Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22750
Title: Strategi Pemasaran pada Industri Rumah Tangga Tahu Buana Ibu Maryam Desa Tanah Tinggi Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Riau
Other Titles: Marketing Strategy in the Tahu Buana Home Industry Mrs. Maryam, Tanah Tinggi Village, Tapung Hilir District, Kampar Regency, Riau
Authors: Fazri, Melly Rahma
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Yusniar
Abdina, Muhammad Fadly
Keywords: industri rumah tangga;tahu;faktor internal;faktor internal;strategi industri;home industry;tofu;internal factor;external factor
Issue Date: 20-Sep-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188220154
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran industri rumah tangga tahu buana ibu maryam serta untuk mengetahui strategi pemasaran industri rumah tangga tahu buana Ibu Maryam di Desa Tanah Tinggi. Dalam penelitian ini, teknik analisis data menggunakan analisis SWOT dengan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor secara internal yang mempengaruhi adalah pengalaman berusaha tahu buana, lokasi tempat produksi tahu yang strategis, kualitas produk, pelanggan tetap, belum adanya cabang usaha, pangsa pasar yang belum luas, modal usaha terbatas dan belum ada pengawasan dan evaluasi yang baik, tidak adanya keragaman produk dan promosi terbatas merupakan faktor internal yang mempengaruhi pemasaran industri rumah tangga tahu buana ibu maryam. Secara eksternal faktor yang mempengaruhi adalah Adanya kepercayaan dari konsumen, pedagang membantu memperluas pasar, kontinuitas produksi terjamin, biaya bahan produksi meningkat, persaingan usaha tinggi dan harga tahu naik turun. Dengan kondisi tersebut secara umum strategi pemasaran industri rumah tangga tahu buana ibu maryam yang dapat dilakukan adalah strategi Agresif yaitu perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. This study aims to determine the internal and external factors that influence the marketing of the home industry buana tofu mary’s mother business and to determine the strategy for marketing the home industry buana tofu mary’s mother business in Tanah Tinggi Village. In this study, data analysis techniques used SWOT analysis with a qualitative approach method. The results showed that internally influencing factors were experience in the home industry buana tofu mary’s mother, strategic production location, product quality, have regular customers, do not have a branch yet, dont have a share market yet broad, limited venture capital, supervision and evaluation is not good and have not recorded optimally, lack of product diversity and not yet use social media for promotion buana tofu influencing the marketing of buana tofu mary’s mother home industry business. Externally, the trust of consumers, merchants help expand marketin, low priced, continuity secure product, business high competition . Under these conditions, in general, the strategy for marketing industry buana tofu mary’s mother in Tanah Tinggi Village that can be carried out is the Agresif strategy, that is company have the opportunity and strength so you can take advantage of existing opportunities.
Description: 104 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22750
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188220154 - Melly Rahma Fazri - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.48 MBAdobe PDFView/Open
188220154 - Melly Rahma Fazri - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.