Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22823
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPurba, Annawati Dewi-
dc.contributor.advisorSiregar, Mulia-
dc.contributor.authorMayasari, Gita-
dc.date.accessioned2024-01-26T02:21:05Z-
dc.date.available2024-01-26T02:21:05Z-
dc.date.issued2015-12-10-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22823-
dc.description59 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja di desa Pulau halang Muka. Menurut teori Engell, Blackwell, dan Minniard (1994) faktor-faktor perilaku konsumtif dibagi dalam tiga bagian, yaitu pengaruh lingkungan (budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan pengaruh situasi), pengaruh individu (ekonomi dan sikap) proses psikologis (pengolahan informasi) serta bagaimana teori yang dikemukakan oleh Tambunan (dalam Ajizah, 2010) terbagi dari faktor internal (motvasi, kepribadian, proses belajar, sikap, dan gaya hidup) dan faktor eksternal/lingkungan (kebudayaan, kelas ,sosial, kelompok acuan/sosial keluarga). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala likert dengan 32 butir item untuk faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja yang disebarkan sebanyak 117 eksamplar, penggunaan metode deskriptif yang kemudian dianalisa menggunakan rum us F % dan rumus reliabilitas cronbach 's Alpha. Semua penelitian ini dibantu dengan menggunakan sistem operasi komputer SPSS 16.0 versi windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skala faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mempunyai nilai reliabilitas mempunyai koefisien Cronbach Alpha 0.938, kontribusi yang mempengaruhi perilaku konsumtif masing-masing memiliki kontribusi harga p<0.05. Dominasi pada kontribusi sedang /rendah terkena bagianbagian faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif sesuai dengan analisis rumus reliabilitas Cronbach Alpha. Faktor utama perilaku konsumtif yang paling banyak/tinggi mempengaruhi adalah faktor pengolahan informasi, dari 117 orang remaja di desa Pulau Halang Muka terdapat 24.8% yang berkontribusi atau 29 orang dalam kondisi kuat, dimana remaja membeli suatu produk terlebih dahulu mencari tahu manfaat terbaik dari produk tersebut, kemudian terdapat 15.4% atau 18 orang remaja dalam kondisi lemah, dimana para remaja tidak ingin ketinggalan dengan mode-mode terbaru sehingga mereka selalu uptodate terhadap produk-produk terbaru. This research aims to determine the description of the factors influencing the consumptive behavior of teenagers in the village of Halang Muka Island. According to theory Engell, Blackwell, and Minniard (1994) divided consumer behavior factors in three parts, namely environmental influences (culture, social class, personal influences, family and situational influences), individual influences (economic and attitudinal) processes psychology (information processing) as well as the theory put forward by Tambunan (in Ajizah, 2010) is divided into internal factors (motivation, personality, learning process, attitudes, and lifestyle) and external/environmental factors (culture, class, social, reference group/social family). The method used in This research uses a Likert scale with 32 items for factors which influence the consumer behavior of teenagers which was distributed as many as 117 examples, using descriptive methods which are then analyzed using rum us F% and cronbach's Alpha reliability formula. All of this research was assisted using the Windows version of the SPSS 16.0 computer operating system. Results This research shows that scale factors influence behavior consumption has a reliability value that has a Cronbach Alpha coefficient of 0.938, contribution that influences the consumer behavior each has price contribution p<0.05. Dominance in medium/low contributions is affected by parts factors that influence consumer behavior according to formula analysis Cronbach Alpha reliability. The main factor of most consumer behavior many/high influences are information processing factors, from 117 people 24.8% of teenagers in Halang Muka Island village contributed or 29 people in strong conditions, where teenagers buy a product first looking for it know the best benefits of the product, then there are 15.4% or 18 people teenagers are in a weak condition, where teenagers don't want to be left behind the latest fashions so they are always up to date on products latest.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;118600274-
dc.subjectidentifikasi perilaku konsumtifen_US
dc.subjectremajaen_US
dc.subjectidentification of consumer behavioren_US
dc.subjectteenagersen_US
dc.titleStudi Identifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif pada Remaja Masyarakat Nelayan di Desa Pulau Halang Mukaen_US
dc.title.alternativeStudy on Identification of Factors that Influence Consumptive Behavior among Adolescent Fishermen in Pulau Halang Muka Villageen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118600274 - Gita Mayasari - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography3.55 MBAdobe PDFView/Open
118600274 - Gita Mayasari - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.