Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23022
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasibuan, Rafiah-
dc.contributor.advisorLKS, Isnaniah-
dc.contributor.authorPasaribu, Betty G.M.-
dc.date.accessioned2024-02-12T02:11:18Z-
dc.date.available2024-02-12T02:11:18Z-
dc.date.issued2006-11-18-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23022-
dc.description61 Halamanen_US
dc.description.abstractLaba adalah tujuan utama yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan, agar laba yang dimaksud dapat dicapai maka perusahaan harus mampu meningkatkan volume penjualan sebagaimana yang ditargetkan. Untuk mencapai tujuan ini setiap perusahaan harus berusaha semaksimal mungkin mendayagunakan setiap peluang dan sumber yang ada diperusahaan dengan sebaikbaiknya. Pemasaran merupakan uj ung tombak dalam pencapaian terse but. Keadaan tersebut menuntut pihak perusahaan untuk mencari dan menerapkan strategi pemasaran yang baik demi kelangsungan hidup perusahaan. Jadi secara sederhana dapat dikatakan bahwa pemasaran adalah transaksi tukar-menukar yang bertuj uan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Semakin tajamnya persaingan antar perusahan sejenis dan banyaknya bermunculan produk barn dalam kebutuhan dan pe.rkembangan ekonomi saat ini. Maka dalam menghadapi persaingan tersebut perusahaan perlu memilih kekuatan (power) untuk mempertahankan kelangsungan hidup dengan menciptakan keunggulan-keunggulan produknya dibandingkan perusahaan pesaing ditengah perubahan keadaan yang cepat dan persaingan yang agresif. Masalah atau faktor yang dominan dalam strategi pemasaran yaitu: riset dan analisa pasar, penetapan harga, promosi, distribusi dan juga kemampuan perusahan melihat kekuatan perusahaan lain agar tidak terjadi kesalahan pada saat memasuki dan pada saat menghadapi saingan dalam memasarkan produk yang dihasilkan perusahaan. PT. Pico Gas Prima Medan bergerak dalam bi dang pemasaran khususnya gas elpiji.Adapun permasalahan yang menjadi pokok bahasan dalam tulisan ini adalah terjadinya penurunan volume penjualan gas elpiji dari yang direncanakan sehingga target penjualan tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan perusahaan. Dari analisis dan evaluasi yang dilakukan, penulis berkesimpulan bahwa penerapan strategi pemasaran yang dilakukan kurang tepat sehingga target penjualan tidak tercapai. Maka kesimpulan yang diperoleh, penulis memberikan saran sebagai berikut: 1. Perusahaan dalam memasarkan produknya keluar kota agar lebih ditingkatkan lagi derigan mencari sub agen baru yang potensial, karena potensi pasar diluar kota yang sangat besar. 2. Saluran distribusi yang ditetapkan oleh perusahaan sudah baik akan tetapi perusahaan hams mempertimbangkan untuk membuka cabang diluar kota untuk memperluas daerah pemasaran perusahaan. 3. Perusahaan harus mempertimbangkan untuk memberikan bonus kepada tenaga penjualan yang berhasil menjual sesuai dengan target yang ditetapkan. 4. Perusahaan hendaknya melakukan penelitian pasar secara kontinu karena hal ini akan membentuk manajer pemasaran dalam mengetahui situasi pasar lebih akurat sehingga setiap penjualan dapat menafsir jumlah barang yang diterima oleh konsumen.. 5. Perusahaan masih perlu meningkatkan produk dimana dengan promosi yang baik akan meningkatkan volume penjualan. 6. Strategi kebijaksanaan marketing mix yang dilaksanakan oleh perusahaan, ada baiknya lebih ditingkatkan lagi agar dapat menjaring pelanggan baru dan tetap mempertabankan pelanggan lama. 7. Perlunya dibentuk bidang yang menangani informasi dan analisa pasar agar dapat selalu mengikuti perkembangan pasar dan sebagai bahan pertimbanagn yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. 8. Didalam melakukan kegiatan pemasaran harus benar-benar memperhatikan Jumlah yang akan dibutuhkan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. 9. Mendidik tenaga yang handal dan menetapkan sistem manajemen kerja yang baik. 10. Perusahaan Juga hendaknya dapat senantiasa memantau harga pada perusahaan saingan sehingga harga dapat lebih tepat sehingga kemungkinan menang dalam persaingan PT. Pico Gas Prima Medan. Profit is the main goal that every company wants to achieve, in order to make a profit If the intended goal can be achieved, the company must be able to increase the volume sales as targeted. To achieve this goal every company must try as hard as possible utilize every opportunity and resource available in the company as well as possible. Marketing is the spearhead in this achievement. This situation requires the company to search for and implement it a good marketing strategy for the survival of the company. So basically It can simply be said that marketing is an exchange transaction aims to fulfill human needs and desires. The sharper it gets competition between similar companies and the emergence of many new products current economic needs and developments. So in facing competition The company needs to choose the power to defend survival by creating product advantages compared to competing companies amidst rapidly changing circumstances and competition the aggressive one. The dominant problems or factors in marketing strategy are: research and market analysis, pricing, promotion, distribution and also company capabilities see the strengths of other companies so that mistakes do not occur when entering and when facing rivals in marketing the products produced by the company. PT. Pico Gas Prima Medan operates in the marketing sector, especially gas LPG. The problems that are the subject of this article are: a decrease in the volume of LPG gas sales from the planned to the target sales were not achieved as the company expected. From the analysis and evaluation carried out, the author concludes that the implementation of the marketing strategy is not appropriate so that the sales target not achieved. So the conclusions obtained, the author provides suggestions as follows following: 1. Companies can market their products outside the city so that they can be further improved I'm anxious about looking for potential new sub-agents, because of the market potential outside very big city. 2. The distribution channels determined by the company are good, however The company should consider opening a branch outside the city to expand the company's marketing area. 3. Companies should consider giving bonuses to employees successful sales sales according to the set targets. 4. Companies should carry out continuous market research because of this This will form marketing managers in knowing more about the market situation accurate so that each salesperson can interpret the number of goods received by consumers... 5. The company still needs to improve its products with promotions either will increase sales volume. 6. There is a marketing mix policy strategy implemented by the company It would be better to improve it further so that it can attract new and regular customers retain old customers. 7. It is necessary to establish a field that handles market information and analysis so that can always follow market developments and serve as material for consideration which is very important in decision making. 8. When carrying out marketing activities, you must really pay attention The amount that will be needed is in accordance with what has been planned. 9. Educate reliable personnel and establish a work management system Good. 10. Companies should also be able to constantly monitor prices rival companies so prices can be more precise so that is possible won in the PT competition. Pico Gas Prima Medan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;028320125-
dc.subjectpenerapan strategi pemasaranen_US
dc.subjectimplementation of marketing strategiesen_US
dc.titlePenerapan Strategi Pemasaran Produk PT. Pico Gas Prima Medanen_US
dc.title.alternativeImplementation of PT's Product Marketing Strategy. Pico Gas Prima Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
028320125 - Betty G.M. Pasaribu - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography4.45 MBAdobe PDFView/Open
028320125 - Betty G.M. Pasaribu - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV738.21 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.