Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23064
Title: Fungsi Pengawasan dalam Peningkatan Pelayanan Pelanggan di PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan
Other Titles: Supervision Function in Improving Customer Service at PDAM Tirtanadi Main Branch, Medan
Authors: Hasibuan, Iskandar
metadata.dc.contributor.advisor: Nst, Ratna Balqis
Wijaya, Muslim
Keywords: fungsi pengawasan;peningkatan pelayanan pelanggan;oversight function;improving customer service
Issue Date: 4-May-2002
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;978300328
Abstract: Pengawasan sebagai salah satu kegiatan manajemen merupakan suatu sarana untuk mencegah timbulnya hal-hal yang merugikan perusahaan dalam menjalankan aktivitasoya; khususnya dalam hal memasarkan produk maupun jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan adalah salah satu perusahaan yang dirniliki Pemerintah Daerah Propinsi Sumatera Utara, yang dalam aktivitasnya seharihari melakukan pelayanan penyediaan air bersih bagi masyarakat, khususnya masyarakat kota Medan. Dalam melakukan kegiatannya tersebut maka PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan menghadapi berbagai permasalahan, terutama dalam hal pelaksanaan pelayanan pelanggan air bersih itu sendiri. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah " Pelaksanaan pengawasan terhadap manajemen belum terlaksana sebagaimana yang diharapkan sehingga peningkatan pelayanan kepada pelanggan belum berjalan sebagaimana mestinya ". Untuk menindak lanjuti permasalahan di atas maka dilakukan tehnik pengumpulan data melalui kepustakaan dan meninjau langsung pelaksanaan pengawasan yang dilakukan di PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan. Sedangkan metode analisis yang dipergunakan adalah metode deskriptif dan metode deduktif. Dari kedua metode tersebut diharapkan penelitian akan dapat memberikan kesimpulan dan saran bagi perusahaan. Adapun kesimpulan yang didapatkan dari hasil pelaksanaan pembahasan skripsi ini adalah : 1. Pelaksanaan pengawasan dalam peningkatan pelayanan kepada pelanggan dilakukan dengan cara pelaporan tugas dari petugas yang melakukan pelayanan kepada atasannya. Pengawasan juga dilakukan dengan melakukan kerjasama antara masyarakat pelanggan dengan PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan. 2. Hambatan-hambatari yang timbul dalam pelaksanaan pelayanan air bersih ini " tidak saja ditimbulkan dari kekurang mampun dari pegawai yang terdapat di PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan tetapi juga disebabkan oleh kepentingan- Kepentingan masyarakat yang secara tidak sah memakai air, serta kurangnya koordinasi dengan instansi atau lembaga terkait di wilayah kerja PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan. Disarankan dalam penelitian agar pengembangan pelayanan yang dilakukan oleh PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan sejalan dilakukan dengan koordinasi antar instansi terkait di wilayah kerja PDAM Tirtanadi Cabang Utama Medan. Supervision as a management activity is a means to prevent things that are detrimental to the company from arising carrying out activities; especially in terms of marketing products and services offered to the public. PDAM Tirtanadi Medan Main Branch is one of the companies owned by the Regional Government of North Sumatra Province, which in its daily activities providing clean water services for the community, in particular the people of Medan city. In carrying out these activities, PDAM Tirtanadi Medan Main Branch faces various problems, especially in terms of implementing clean water customer service itself. The problems raised in this research are " The implementation of supervision over management has not been carried out as expected expected so that improvements in service to customers have not yet been implemented as it should be ". To follow up on the problems above, a technique was carried out collecting data through literature and directly reviewing implementation supervision carried out at PDAM Tirtanadi Main Branch Medan. Meanwhile, the analytical method used is the descriptive method and deductive method. From these two methods it is hoped that research will be able to provide conclusions and suggestions for the company. The conclusions obtained from the results of the discussion this thesis is: 1. Implementation of supervision in improving service to customers This is done by reporting the duties of the officer carrying out the service to his superiors. Supervision is also carried out through collaboration between the customer community and PDAM Tirtanadi Main Branch, Medan. 2. Obstacles that arise in the implementation of clean water services" not only arises from the incompetence of the employees in PDAM Tirtanadi Medan Main Branch but also due to the interests of The interests of people who illegally use water, as well as the lack of it coordination with relevant agencies or institutions in the PDAM Tirtanadi working area Medan Main Branch. It is recommended that research develop services by PDAM Tirtanadi Medan Main Branch in line with coordination between related agencies in the working area of PDAM Tirtanadi Main Branch, Medan.
Description: 62 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23064
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
978300328 - Iskandar Hasibuan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography4.36 MBAdobe PDFView/Open
978300328 - Iskandar Hasibuan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV574.91 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.