Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23287
Title: Peranan Promosi untuk Meningkatkan Oplah Penjualan Koran Sumut Pos pada PT Imelda Medan Pers Medan
Other Titles: The Role of Promotion to Increase Sales of North Sumatra Post Newspapers at PT Imelda Medan Pers Medan
Authors: Sulaiman, Muhammad
metadata.dc.contributor.advisor: Hasan, A Aziz
Syahrial, Hery
Keywords: promosi;meningkatkan oplah penjualan;koran sumut pos;promotion;increase sales circulation;North Sumatra Postal Newspaper
Issue Date: 2010
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;028320068
Abstract: Produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen untuk mengenal produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi. Suatu produk tidak akan dibeli dan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. lnformasi yang jelas tersebut bisa disampaikan Iewat promosi produk. Latar belakang inilah yang menarik perhatian penulis untuk menganalisis kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Media Medan Pers Medan dalam meningkatkan oplah penjualan koran Sumut Pos. PT Media Medan Pers Medan merupakan salah satu perusahaan penerbitan yang cukup besar di Sumatera Utara. Di tengah pesatnya industri surat kabar, PT Media Medan Pers Medan mau tidak mau harus meramu alat-alat promosi yang efektif alam upaya menghadapi persaingan untuk merebut pasar yang semakin kompetitif sifatnya demi meningkatkan oplah penjualan. Dari hasil penelitian yang penulis Jakukan di perusahaan tersebut, jika dibandingkan dengan landasan teori yang ada maka . secara urn um dapat diambil kesimpulan bahwa promosi yang dilaksanakan oleh PT Media Medan Pers Medan memberikan hubungan yang baik terhadap peningkatan penjualan. Hal ini dapat dilihat dari realisasi penjualan perusahaan, yaitu adanya peningkatan penjualan dari tahun ke tahun. Hal inilah yang membuat penulis ingin mengetahui Jebih Janjut tentang promosi yang dilakukan PT Media Medan Pers Medan terhadap usahanya dalam meningkatkan oplah penjualan dari tahun 2004-2008. Mengingat pentingnya hubungan promosi terhadap peningkatan oplah penjualan, penulis merasa tertarik untuk meneliti lebih lanjut dan menuangkannya dalam bentuk skripsi dengan judul 'Peranan Promosi Untuk Meningkatkan Oplah Penjualan Koran Sumut Pos Pada PT Media Medan Pers Medan. It is impossible to obtain products or services produced by the company looking for buyers or enthusiasts yourself. Therefore, manufacturers are in action Marketing products or services must require consumers to know the product or the services it produces. One of the methods used by manufacturers in the field marketing for the purpose of increasing product yields, namely through promotional activities. A product will not be purchased and known if consumers do not know its uses, advantages, where the product can be obtained and at what price. This is why consumers who are the target of the company's products or services need to be given clear information. This clear information can be conveyed via promotion product. This background is what attracted the author's attention to analysis promotional activities carried out by PT. Medan Media Medan Press in increase the sales circulation of the North Sumatra Post newspaper. PT Media Medan Pers Medan is one of the publishing companies quite large in North Sumatra. In the midst of the rapid newspaper industry, PT Media Medan Press Medan inevitably has to concoct naturally effective promotional tools efforts to face competition to seize an increasingly competitive market in order to increase sales circulation. From the results of research that the author carried out at this company, if compared with the existing theoretical basis. in general can be taken conclusion that the promotion was carried out by PT Media Medan Pers Medan provide a good relationship to increasing sales. This can be seen from the company's sales realization, namely an increase in sales from year to year year. This is what makes the author want to know more about promotions what PT Media Medan Pers Medan has done in its efforts to improve sales circulation from 2004-2008. Considering the importance of promotional relationships in increasing sales circulation, The author felt interested in researching further and put it in form thesis with the title 'The Role of Promotion to Increase Sales Circulation North Sumatra Newspaper Post at PT Media Medan Pers Medan.
Description: 61 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23287
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
028320068 - Muhammad Sulaiman - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography5.09 MBAdobe PDFView/Open
028320068 - Muhammad Sulaiman - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV687.21 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.