Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23654
Title: Pengaruh Program Pemberdayaan Pelaku Usaha Terhadap Pengembangan Wisata Kuliner Tradisional Pasar Kamu Di Desa Denai Lama Kabupaten Deli Serdang
Other Titles: The Influence of the Business Actor Empowerment Program Towards the Development of Culinary Tourism Your Traditional Market in Denai Lama Village Deli Serdang Regency
Authors: Lestari, Ayu
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Yusniar
Keywords: Influence;Empowerment of Business Actors;Tourism Development;Pengaruh;Pemberdayaan Pelaku Usaha;Pengembangan Wisata
Issue Date: Oct-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188220178
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh program pemberdayaan pelaku usaha terhadap pengembangan wisata di Pasar Kamu Desa Denai Lama. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda menggunakan Aplikasi SPSS 21 dengan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat keinginan berubah (X1), variabel tingkat memperoleh akses (X2), dan variabel tingkat membangun kerjasama (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan wisata (Y) di Pasar Kamu. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat setempat memiliki keinginan untuk merubah perekonomiannya menjadi lebih baik dan bergotong royong untuk mengembangkan desa mereka melalui wisata Pasar Kamu yang ada di Desa Denai Lama agar menjadi peluang bagi masyarakat untuk membuka usaha di wisata Pasar Kamu dan untuk mengurangi tingkat pengangguran di daerah tersebut. Hal ini juga membuat masyarakat mendapatkan ilmu pengetahuan tentang berwirausaha dan berani mengambil resiko. This research aims to determine and analyze the influence of the business empowerment programs on tourism development at Pasar Kamu, Denai Lama Village. In this research, multiple linear regression data analysis techniques were used using the SPSS 21 application with a qualitative approach method. The research results show that the variable level of desire to change (X1), lever of gaining acces (X2), and level of building cooperation (X3) have a positive and significant effect on tourism development (Y) in Pasar Kamu. This shows that the local community has the desire to change their economy for the better and work together to develop their village through Pasar Kamu tourism in Denai Lama Villages so that it becomes an opportunity for the community to open business at Pasar Kamu tourism and to reduce the unemployment rate in the area. This also makes people gain knowledge about entrepreneurship and the courage to take risks.
Description: 112 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23654
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188220178 - Ayu Lestari - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV443.48 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
188220178 - Ayu Lestari - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography22.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.