Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23694
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIstiana-
dc.contributor.authorBr Tarigan, Aldilla-
dc.date.accessioned2024-04-03T03:53:46Z-
dc.date.available2024-04-03T03:53:46Z-
dc.date.issued2024-03-13-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23694-
dc.description99 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XII di SMA Roma Katolik (RK) Deli Murni Delitua. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas XII. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hipotesis adanya hubungan positif antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar pada siswa di SMA RK Deli Murni. Hasil perhitungan pada analisis korelasi r Product Moment dengan nilai rxy = 0,784 dan koefisien determinan (r2) =0,615 dengan p=0,000. Lingkungan belajar berkontribusi sebesar 61,5% terhadap motivasi belajar. Dan perhitungan mean hipotetik = 80 dan mean empirik = 55,74 diketahui bahwa lingkungan belajar dalam kategori kurang baik. Begitu pun dengan motivasi belajar dengan perhitungan mean hipotetik = 92,5 dan mean empirik = 64,94 bahwa motivasi belajar dalam kategori rendah. Dengan demikian hipotesis diterima. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XII di SMA Roma Katolik (RK) Deli Murni Delitua. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas XII. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hipotesis adanya hubungan positif antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar pada siswa di SMA RK Deli Murni. Hasil perhitungan pada analisis korelasi r Product Moment dengan nilai rxy = 0,784 dan koefisien determinan (r2) =0,615 dengan p=0,000. Lingkungan belajar berkontribusi sebesar 61,5% terhadap motivasi belajar. Dan perhitungan mean hipotetik = 80 dan mean empirik = 55,74 diketahui bahwa lingkungan belajar dalam kategori kurang baik. Begitu pun dengan motivasi belajar dengan perhitungan mean hipotetik = 92,5 dan mean empirik = 64,94 bahwa motivasi belajar dalam kategori rendah. Dengan demikian hipotesis diterima. The research aims to determine the relationship between the learning environment and motivation studying class XII students at Roman Catholic High School (RK) Deli Murni Delitua. Method on This research uses quantitative. Research subjects were class XII students. Method sampling using purposive sampling. Hypothesis of a relationship positive relationship between the learning environment and learning motivation among students at RK Deli High School Pure. Calculation results in the correlation analysis of r Product Moment with the value rxy = 0.784 and determinant coefficient (r2) = 0.615 with p = 0.000. Learning environment contributed 61.5% to learning motivation. And the calculation of the hypothetical mean = 80 and empirical mean = 55.74, it is known that the learning environment is in the poor category Good. Likewise with learning motivation with a hypothetical mean calculation = 92.5 and Empirical mean = 64.94 that learning motivation is in the low category. Therefore hypothesis accepted.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198600250-
dc.subjectLingkungan Belajaren_US
dc.subjectMotivasi Belajar Siswaen_US
dc.subjectStudent's motivation to studyen_US
dc.subjectLearning Environmenten_US
dc.titleHubungan Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Di SMA Roma Katolik (RK) Deli Murni Delituaen_US
dc.title.alternativeThe Relationship between Learning Environment and Motivation Class XII Students Study at Roman Catholic High School (RK) Pure Deli Delituaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198600250 - Aldilla Br Tarigan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV396.46 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
198600250 - Aldilla Br Tarigan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.