Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23847
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHartono, Budi-
dc.contributor.advisorSimamora, Beltahmamero-
dc.contributor.authorArba, Zahara-
dc.date.accessioned2024-05-03T08:42:31Z-
dc.date.available2024-05-03T08:42:31Z-
dc.date.issued2024-04-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23847-
dc.description100 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan pelayanan BPJS yang efektif dan efisien di Puskesmas Medan Sunggal sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Pelayanan Kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atas secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah, dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan, perorangan, keluarga, kelompok, ataupun Masyarakat. Kebijakan adalah suatu daftar pilihan tindakan yang saling berhubungan yang disusun oleh instansi atau pejabat pemerintah, antara lain dalam bidang pertahanan, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan pengadilan kriminalitas, dan pembangunan kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori menurut George C. Edward III. Hasil dari penelitian ini adalah Puskesmas Medan Sunggal telah melakukan kebijakan tersebut belum sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Karena terdapat hal-hal yang belum dimaksimalkan dilihat dari indikator, seperti disposisi dan struktur birokrasi yang belum terpenuhi secara maksimal. This research aims to determine efforts to improve effective and efficient BPJS services at the Medan Sunggal Community Health Center in accordance with the Decree of the Minister of Health of the Republic of Indonesia Number 4 of 2019 concerning Technical Standards for Fulfilling Basic Service Quality in Minimum Service Standards in the Health Sector. Health services are any efforts that are carried out individually and collectively within an organization to maintain and improve health, prevent and cure disease and restore health, for individuals, families, groups or communities. Policy is a list of interconnected action options prepared by government agencies or officials, including in the fields of defense, health, education, welfare, criminal justice, and urban development. The method used in this research is a descriptive qualitative approach with data collection techniques using observation, interviews and documentation methods. This research uses theory according to George C. Edward III. The results of this research are that the Medan Sunggal Community Health Center has implemented this policy and is not in accordance with the predetermined rules. Because there are things that have not been maximized in terms of indicators, such as disposition and bureaucratic structure that have not been maximally fulfilled.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198520161-
dc.subjectKebijakanen_US
dc.subjectPuskesmasen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectHealth servicesen_US
dc.subjectPolicyen_US
dc.titleImplementasi Kebijakan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan BPJS di Puskesmas Medan Sunggalen_US
dc.title.alternativeImplementation of Policy Decree of the Minister of Health of the Republic of Indonesia Number 4 of 2019 in Efforts to Improve BPJS Services at the Medan Sunggal Community Health Centeren_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198520161 - Zahara Arba - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV462.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
198520161 - Zahara Arba - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.