Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23887
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Rakhmad Arief-
dc.contributor.authorSiringoringo, Rinaldi-
dc.date.accessioned2024-05-07T05:25:44Z-
dc.date.available2024-05-07T05:25:44Z-
dc.date.issued2024-04-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23887-
dc.description74 Halamanen_US
dc.description.abstractArtikel ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keausan yang terjadi pada roda gigi miring polimer. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, pada saat pengujian akan diberikan beban serta putaran yang bervariasi. Roda gigi merupakan salah satu komponen penting dalam dunia mekanika, digunakan untuk beban meningkatkan atau menurunkan torsi, merubah arah gerak serta mentransmisikan daya dari suatu sistem gerak. Untuk menghubungkan atau mempertahankan perputaran tenaga yang dihasilkan oleh proses pengubahan energi kinetik menjadi energi mekanik, roda gigi memainkan fungsi yang sangat penting baik di bidang otomotif maupun sektor industri. Roda gigi bagian yang tidak dapat dipisah kan pertumbuhan dan peningkatan industri permesinan karena memegang peranan utama dalam rekayasa dan produksi mesin. Data-data ini dikumpulkan dengan melakukan studi literatur dari penelitian yang sebelumnya telah dilakukan. Dan dianalisa secara kualitatif dengan melakukan eksperiment berulang kali dan mengamati keausan yang terjadi pada roda gigi miring polimer dengan beban dan putaran tertentu. Untuk menguji keausan roda gigi maka diberikan beban yang bervariasi, semakin besar beban yang diberikan maka tingkat keausan akan semakin tinggi. Pada beban 0,8 N dan putaran 1379 rpm menghasilkan putaran 1345 rpm. Disimpulkan bahwa putaran mesin dan pembebanan memiliki pengaruh yang sangat besar, yaitu 1,02% keausan yang terjadi pada roda gigi miring bahan polimer dengan beban yang berbeda waktu pengujian selama 30 menit. This article aims to determine the level of wear that occurs in polymer bevel gears. In order to get maximum results, during the test various loads and rotations will be given. Gears are one of the important components in the world of mechanics, used to increase or decrease load torque, change direction of motion and transmit power from a motion system. To connect or maintain the rotation of power produced by the process of converting kinetic energy into mechanical energy, gears play a very important function in both the automotive and industrial sectors. Gears are an integral part of the growth and improvement of the machinery industry because they play a major role in machine engineering and production. This data was collected by conducting a literature study from research that had previously been carried out. And analyzed qualitatively by carrying out experiments repeatedly and observing the wear that occurs on polymer bevel gears with certain loads and rotations. To test gear wear, varying loads are given, the greater the load given, the higher the wear level. At a load of 0.8 N and a rotation of 1379 rpm it produces a rotation of 1345 rpm. It was concluded that engine rotation and loading had a very large influence, namely 1.02% of wear that occurred on the polymer material tilt gear with different loads during the test period of 30 minutes.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198130134-
dc.subjectwearen_US
dc.subjectgearen_US
dc.subjectplymersen_US
dc.subjectgear testingen_US
dc.subjectroda gigien_US
dc.subjectkeausanen_US
dc.subjectpengujian roda gigien_US
dc.titlePenyelidikan Keausan Roda Gigi Miring Bahan Polimer Pada Sistem Transmisien_US
dc.title.alternativeInvestigation of Wear of Polymer Bevel Gears in Transmission Systemsen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198130134 - Rinaldi Siringoringo - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.14 MBAdobe PDFView/Open
198130134 - Rinaldi Siringoringo - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.