Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23908
Title: Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Garam Cap Ikan Gabus pada UD Mandiri Jaya Medan
Other Titles: The Influence of Product Quality and Price on Purchase Decisions for Gabus Fish Cap Salt at UD Mandiri Jaya Medan
Authors: Hutagalung, Masni Christina
metadata.dc.contributor.advisor: Sabrina, Hesti
Lestari, Indrawati
Keywords: kualitas produk;harga;keputusan pembelian;product quality;price;purchase decisions
Issue Date: 2-Apr-2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;198320312
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian garam Cap Ikan Gabus pada UD Mandiri Jaya di Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen garam Cap Ikan Gabus dengan teknik purposive sampling yang menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan responden. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda terhadap data dari konsumen UD Mandiri Jaya di Medan sebanyak 85 responden. Hasil penelitian dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas produk garam Cap Ikan Gabus memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Namun, harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, nilai signifikansi sebesar 0,427 > 0,05. Ketika kedua faktor ini dianalisis bersama-sama, hasil uji menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara bersamaan dengan (uji F) nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan koefisien determinan (R²) menunjukkan bahwa sebesar 70,4%, variabel independen dalam penelitian ini dapat menjelaskan sebagian besar variasi dalam keputusan pembelian garam Cap Ikan Gabus, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. This research aims to analyze the influence of product quality and price on purchasing decisions for Cap Ikan Gabus salt at UD Mandiri Jaya in Medan. This research uses a quantitative type of research. The population of this research is all consumers of Cap Ikan Gabus salt using technique purposive sampling approach which use certain criteria in determining respondents. The data analysis method uses multiple linear regression on consumer data from UD Mandiri Jaya in Medan as many as 85 respondents. The research results in this study concluded that the quality of the Cap Ikan Gabus salt product had a positive and significant influence on purchasing decisions, with a significance level of 0.00 < 0.05. However, price has a negative and insignificant effect on purchasing decisions, the significance value is 0.427 > 0.05. If these two factors are explained together, the test results show that price and product quality have a significant influence on purchasing decisions simultaneously with (F test) a significance value of 0.00 < 0.05. The determinant coefficient (R²) shows that 70.4% of the independent variables in this study were able to explain most of the variation in purchasing decisions for Cap Ikan Gabus salt, while the rest was influenced by other factors not examined in this study.
Description: 93 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23908
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320312 - Masni Christina Hutagalung - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.6 MBAdobe PDFView/Open
198320312 - Masni Christina Hutagalung - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV468.69 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.