Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23911
Title: Pengaruh Online Promotion dan Persepsi Kemudahan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-Money (Studi Kasus : Pengguna Go-Pay di Kecamatan Medan Selayang)
Other Titles: The Influence of Online Promotion and Perception of Convenience on Customer Satisfaction of E-Money Users (Case Study: Go-Pay Users in Medan Selayang District)
Authors: Aufa, Muchyar
metadata.dc.contributor.advisor: Wijaya, Muslim
Prayudi, Ahmad
Keywords: kepuasan pelanggan;online promotion;persepsi kemudahan go-jek;customer satisfaction;online promotion;perceived convenience;go-jek
Issue Date: 20-Apr-2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;198320326
Abstract: Seiring dengan kemajuan zaman, teknologi dan sistem informasi juga semakin berkembang di masyarakat, banyak kegiatan perekonomian yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk memudahkan masyarakat seperti transaksi jual beli online, mobile transfer, atau juga pembayaran pembelian dan tagihan. melalui kartu kredit atau debit yang dikeluarkan oleh bank atau non bank, contohnya go-jek yang mengeluarkan go-pay untuk alat pembayaran digital, go-jek merupakan aplikasi yang saat ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kepuasan pelanggan akan mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan mana pun. Logika dan pengalaman sehari-hari dalam eksekusi telah membuktikan hal ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi online dan persepsi kemudahan terhadap kepuasan pelanggan e-money pengguna go-pay di Kecamatan Medan Selayang. Metode penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian Kuantitatif Asosiatif, yaitu penelitian yang mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna e-money yang berusia 17 tahun ke atas, khususnya pengguna go-jek yang menggunakan go-pay di Kecamatan Medan Selayang Kota Medan. Sedangkan metode penelitian sampel menggunakan rumus Lemeshow sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 orang. Instrumen penelitian ini berupa tes alat pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi linier berganda yang terdiri dari uji asumsi klasik, uji parsial (t), simultan (F), dan koefisien determinasi (R2). Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh promosi online terhadap kepuasan pelanggan e-money go-pay dengan nilai t hitung sebesar 3,681 > t tabel 1,661 dengan nilai sig 0,000 < 0,10 maka terdapat pengaruh persepsi kemudahan terhadap e-money. -kepuasan pelanggan money go-pay dengan nilai t hitung 7,403 > t tabel 1,661 dengan nilai sig 0,000 < 0,10. Secara simultan, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh promosi online dan persepsi kemudahan terhadap kepuasan pelanggan go-pay e-money dengan nilai f hitung sebesar 102,073 > f tabel 2,36 dengan nilai sig sebesar 0,000. Along with the progress of the times, the technology and information system has also developed in society, many economic activities utilize the sophistication of information technology to facilitate the community such as online buying and selling transactions, mobile transfers, or also payments for purchases and bills via credit or debit cards issued by banks or non-banks, for example go-jek which issues go-pay for digital payment tools, go-jek is an application that is currently very widely used by Indonesians. Customer satisfaction will affect the financial performance of any company. It's logic and everyday experience in execution has proven this. The purpose of this study was to determine the effect of online promotion and perceived convenience on e-money customer satisfaction for go-pay users in Medan Selayang sub-district. The research method that will be used is the type of Associative Quantitative research, which is research that knows the relationship between two or more variables. The population in this study are e-money users at the age of 17 years and over, especially go-jek users who use go-pay in Medan Selayang District, Medan City. While the sample research method uses the Lemeshow formula, so that a sample of 96 people is obtained. This research instrument is in the form of a data collection tool test using a questionnaire (questionnaire). The data analysis technique used in this study is multiple linear regression techniques consisting of classical assumptions, partial (t), simultaneous (F) tests, and the coefficient of determination (R2). Data processing in this study using the SPSS application. The results of this study indicate that there is an effect of online promotion on e-money go-pay customer satisfaction with a t value of 3.681> 1.661 t table with a sig value of 0.000 <0.10, there is an effect of perceived convenience on e-money go-pay customer satisfaction with a t value of 7.403> 1.661 t table with a sig value of 0.000 <0.10. Simultaneously, the results of this study also show that there is an effect of online promotion and perceived convenience on e-money go-pay customer satisfaction with a calculated f value of 102,073> 2.36 f table with a sig value of 0.000.
Description: 82 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23911
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320326 - Muchyar Aufa - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.06 MBAdobe PDFView/Open
198320326 - Muchyar Aufa - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV745.95 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.