Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23913
Title: Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kecamatan Sumbul Desa Tanjung Beringin (Studi Kasus : PDAM Tirta Nciho Sidikalang)
Other Titles: The Influence of Product and Service Quality on Customer Satisfaction in Sumbul District, Tanjung Beringin Village (Case Study: PDAM Tirta Nciho Sidikalang)
Authors: Samuel MM Situngkir, Samuel MM
metadata.dc.contributor.advisor: Wijaya, Muslim
Keywords: kualitas produk;pelayanan;kepuasan pelanggan
Issue Date: Apr-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198320408
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Nciho Sidikalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis, yang dimana peneliti melakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 orang pelanggan PDAM Tirta Nciho Sidikalang sebagai responden. Teknik Analisis pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, dan Pengujian hipotesis melalui uji Analisis regresi linear berganda dan uji t (Parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Nciho Sidikalang yang ditunjukkan dengan nilai T hitung 2,068 > nilai T Tabel sebesar 2.00247 dan nilai signifikansinya sebesar 0,043 < 0,05. Demikian hasil Pelayanan berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Tirta Nciho Sidikalang yang ditunjukkan dengan nilai T hitung sebesar 2.311 > nilai T Tabel sebesar 2.00247 dan nilai signifikansinya sebesar 0,024 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F Kualitas produk dan Pelayan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 dan menunjukkan nilai F hitung > F tabel dimana 6,019 > 3,153 yang berarti bahwa secara simultan Kualitas Produk dan Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Tirta Nciho Sidikalang. This study aims to determine the effect of product quality and service on custome satisfaction at the PDAM Tirta Nciho Sidikalang. This type of research is quantitative research which aims to test the hypothesis, where researchers conducted research by distributing questionnaires to 60 customers of PDAM Tirta Nciho Sidikalang as respondents. The analysis technique in this research is validity test, reliability test, classical assumption test, and hypothesis testing through multiple linear regression analysis and t test (partial). The results of this study indicate that product quality has a positive and significant effect on increasing customer satisfaction for PDAM Tirta Nciho Sidikalang as indicated by the calculated T value of 2.068 > T table value of 2.0247 and a significance value of 0.043 <0.05. Thus the results of Service Quality have a positive and significant impact on increasing customer satisfaction at the PDAM Tirta Nciho Sidikalang as indicated by the calculated T value of 2.311 > T table value of 2.00247 and a significance value of 0.024 < 0.05. Based on the results of the F test product quality and service have a significance value of 0,004 < 0,05 and show the value of F count > F table where 6,019 > 3,153 which means that simultaneously product quality and service a positive and significant effect on customer satisfaction at the PDAM Tirta Nciho Sidikalang.
Description: 78 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23913
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320408 - Samuel MM Situngkir Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.19 MBAdobe PDFView/Open
198320408 - Samuel MM Situngkir Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV796.89 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.