Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24066
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNasution, Amrin Mulia Utama-
dc.contributor.authorFadillah, Passa-
dc.date.accessioned2024-05-27T03:34:57Z-
dc.date.available2024-05-27T03:34:57Z-
dc.date.issued2024-04-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24066-
dc.description64 Halamanen_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja UMKM, untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM, dan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM Kuliner Di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Kuliner Di Kota Medan sebanyak 188 UMKM. Sampel dalam penelitian sebanyak 65 UMKM Kuliner Di Kota Medan yang diambil dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (Uji t), uji signifikasi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi Pasar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja UMKM, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja UMKM dan Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan berpengaruh signifikan dan secara simultan terhadap Kinerja UMKM Kuliner di Kota Medan. The purpose of this study was to determine the effect of market orientation on the performance of SMEs, to determine the effect of entrepreneurial orientation on the performance of SMEs, and to determine the effect of market orientation and entrepreneurial orientation on the performance of Culinary SMEs in Medan City. The population in this study were Culinary SMEs in the city of Medan, totaling 188 SMEs. The sample in the study was 65 Culinary MSMEs in Medan City which were taken using the slovin formula. The data collection technique used in this study was carried out by distributing questionnaires. The analysis technique used in this study is multiple linear regression, partial test (t test), simultaneous significance test (F test) and the coefficient of determination. The results showed that Market Orientation had a positive and significant effect on MSME Performance, Entrepreneurial Orientation had a positive and significant effect on MSME Performance and Market Orientation and Entrepreneurship Orientation had a significant and simultaneous effect on Culinary MSME Performance in Medan City.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198320124-
dc.subjectorientasi pasaren_US
dc.subjectorientasi kewirausahaanen_US
dc.subjectkinerja UMKMen_US
dc.subjectmarket orientationen_US
dc.subjectentrepreneurial orientationen_US
dc.subjectMSME performanceen_US
dc.titlePengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Kuliner di kota Medanen_US
dc.title.alternativePengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Kuliner di kota Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320124 - Passa Fadillah Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.6 MBAdobe PDFView/Open
198320124 - Passa Fadillah Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV421.12 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.