Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24068
Title: | Evaluasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus SMA Negeri 1 Sidikalang Kabupaten Dairi) |
Other Titles: | Evaluation of Regulation of the Minister of National Education Number 11 of 2011 concerning Teacher Certification in Improving Teacher Performance (Case Study of SMA Negeri 1 Sidikalang, Dairi Regency) |
Authors: | Sinambela, Kevin Hagai |
metadata.dc.contributor.advisor: | Muda, Indra |
Keywords: | peraturan menteri pendidikan;sertifikasi guru;kabupaten dairi;minister of education regulation;teacher certification |
Issue Date: | Apr-2024 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Series/Report no.: | NPM;198520118 |
Abstract: | Sertifikasi merupakan proses pemberian sertifikat pendidik untuk Guru dan dosen. Hal ini dikemukakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 11 Tahun 2011 dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Upaya pemerintah untuk menjamin mutu Guru agar tetap memenuhi standar kompetensi, diperlukan adanya suatu mekanisme yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru dengan menggunakan teori William N Dunn yang memiliki 6 indikator dalam evaluasi yaitu Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Pemerataan, Responsivitas, Ketepatan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif denan teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Sidikalang dapat dikatakan sudah terelealisasi dengan baik namun kurang merata. Perekrutan penerima sertifikasi guru di SMAN 1 Sidikalang tidak merata dikarenakan lebih mendahulukan guru yang lebih tua. Namun indikator yang lain sudah berjalan lebih baik sesuai denga peraturan yang diberlakukan. |
Description: | 68 Halaman |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24068 |
Appears in Collections: | SP - Public Administration |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
198520118 - Kevin Hagai Sinambela Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 1.77 MB | Adobe PDF | View/Open |
198520118 - Kevin Hagai Sinambela Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 551.2 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.