Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24127
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWahyuni, Sri-
dc.contributor.authorMardiana-
dc.date.accessioned2024-05-30T06:09:54Z-
dc.date.available2024-05-30T06:09:54Z-
dc.date.issued2015-01-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24127-
dc.description73 Halamanen_US
dc.description.abstractKonsep diri mahasiswa merupakan pandangan individu tentang dirinya yang bersifat unik baik secara fisik, psikis, sosial maupun moral dan bagaimana pandangan orang lain mengenai dirinya yang diperoleh dari hasil interaksi dengan orang lain juga merupakan pandangan individu terhadap dirinya secara keseluruhan. Salah satu unsur penting yang dapat mempengaruhi konsep diri mahasiswa adalah dengan menggunakan produk pemutih kulit. Adanya konsep diri positif pada mahasiswa psikologi UMA yang menggunakan produk pemutih kulit. Penelitian ini melibatkan 70 mahasiswa dengan karakteristik yang berusia 18-22 tahun, beijenis kelamin perempuan dan tercatat sebagai mahasiswa UMA. Pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik A.-uota sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala, yaitu skala konsep diri yang terdiri dari 50 item. Analisis data dilakukan dengan ana/isis deskriptif. Hasil pengujian dengan menggunakan analisis deskriptif menunjukan hasil aspek gambaran diri (58,6%) konsep dirinya yang tinggi, (37, 1 %) konsep diri yang sedang,dan (4,3%) konsep diri rendah; aspek diri ideal (52,9%) konsep diri tinggi, (41,4%) konsep diri yang sedang,dan (5,7%) konsep diri rendah; aspek harga diri (52,9%) memiliki konsep diri tinggi, (40,0%) konsep diri sedang, (7,1%)konsep diri yang rendah; aspek peran (40,0%) konsep diri yang tinggi, {54,3%)konsep diri sedang, dan {5,7%) konsep diri yang rendah; dari aspek identitas diri (58,6%) memiliki konsep diri yang tinggi, (38,6%) konsep diri sedang, (2.9%) konsep diri yang rendah. Kondisi tersebut menunjukan bahwa adanya konsep diri positif pada mahasiswa psikologi UMA yang menggunakan produk pemutih kulit. A student's self-concept is an individual's view of himself which is unique both physically, psychologically, socially and morally and how other people's views about themselves obtained from interactions with them other people is also an individual's view of himself whole. One important element that can influence self-concept students are using skin whitening products. There is a concept Positive self-esteem in UMA psychology students who use whitening products skin. This research involved 70 students with age characteristics 18-22 years old, female and registered as a UMA student. Sampling was taken using the A.-uota sampling technique. The measuring instrument used in this research is a scale, namely a self-concept scale consisting of of 50 items. Data analysis was carried out using descriptive analysis. Test result using descriptive analysis shows the results of aspects of self-image (58.6%) high self-concept, (37.1%) medium self-concept, and (4.3%) low self-concept; ideal self aspects (52.9%) high self-concept, (41.4%) concept moderate self-concept, and (5.7%) low self-concept; self-esteem aspect (52.9%) have high self-concept, (40.0%) medium self-concept, (7.1%) low self-concept low; role aspects (40.0%) high self-concept, {54.3%)medium self-concept, and {5.7%) low self-concept; from the aspect of self-identity (58.6%) have high self-concept, (38.6%) medium self-concept, (2.9%) low self-concept low. This condition shows that there is a positive self-concept in UMA psychology students who use skin whitening products.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;108600237-
dc.subjectkonsep dirien_US
dc.subjectproduk pemutih kuliten_US
dc.subjectskin whitening productsen_US
dc.subjectdan mahasiswaen_US
dc.subjectStudenten_US
dc.titleKonsep Diri Mahasiswa yang Menggunakan Produk Pemutih Kulit di Fakultas Psikologi Universitas Medan Areaen_US
dc.title.alternativeSelf-Concept of Students Who Use Skin Whitening Products at the Faculty of Psychology, Medan Area Universityen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
108600237 - Mardiana - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography32 MBAdobe PDFView/Open
108600237 - Mardiana - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV5.8 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.