Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24278
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSibuea, Faiz Ahmad-
dc.contributor.authorGultom, Susilawati Theresia-
dc.date.accessioned2024-06-11T02:33:27Z-
dc.date.available2024-06-11T02:33:27Z-
dc.date.issued2024-04-22-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24278-
dc.description107 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisi struktur pasar kakao dalam perdagangan Internasional dan menganalisis keunggulan komperatif dan kompetitif yang dimiliki komoditas kakao indonesia dan eksportir utama kakao dalam perdagangan Internasional dan untuk menganalisis posisi perdagangan komoditas kakao Indonesia dalam perdagangan internasional . Indonesia perlu fokus pada produk kakao yang memiliki daya saing tertinggi agar mampu terus bersaing dengan negaranegara kompetitor utama dalam perdagangan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing kakao Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian dimulai dengan menganalisis struktur pasar kakao dalam perdagangan internasional, hasilnya menunjukkan bahwa struktur pasar kakao tergolong ke dalam pasar pesaingan sempurna. Metode RCA (Revealed Comparative Advantage) menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif untuk kakao (RCA>1). Metode ISP (Indeks Spesialisasi Perdagangan) menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kecenderungan sebagai negara net exporter untuk kakao. Metode EPD (Export Products Dynamic) menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan kompetitif yang tinggi untuk kakao. This research aims to analyze the structure of the cocoa market in international trade and analyze the comparative and competitive advantages of Indonesian cocoa commodities and the main cocoa exporters in international trade and to analyze the trading position of Indonesian cocoa commodities in international trade. Indonesia needs to focus on cocoa products that have the highest competitiveness so that it can continue to compete with major competitor countries in international trade. This research aims to analyze the competitiveness of Indonesian cocoa. The data used in this research is secondary data. The research began by analyzing the cocoa market structure in international trade, the results showed that the cocoa market structure was classified as a perfectly competitive market. The RCA (Revealed Comparative Advantage) method shows that Indonesia has a comparative advantage for cocoa (RCA>1). The ISP (Trade Specialization Index) method shows that Indonesia has a tendency to be a net exporter country for cocoa. The EPD (Export Products Dynamic) method shows that Indonesia has a high competitive advantage for cocoa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198220050-
dc.subjectdaya saingen_US
dc.subjecteksporen_US
dc.subjectkakaoen_US
dc.subjectposisi perdaganganen_US
dc.subjectstruktur pasaren_US
dc.subjectcompetitivenessen_US
dc.subjectexportsen_US
dc.subjectcocoaen_US
dc.subjecttrade positionen_US
dc.subjectmarket structureen_US
dc.titleDaya Saing Komoditas Kakao Indonesia dalam Perdagangan Internasionalen_US
dc.title.alternativeCompetitiveness of Indonesian Cocoa Commodities in International Tradeen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198220050 - Susilawati Theresia Gultom - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.1 MBAdobe PDFView/Open
198220050 - Susilawati Theresia Gultom - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV502.07 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.