Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24463
Title: Pengaruh Fanatisme Kebudayaan Korea terhadap Gaya Hidup Hedonisme, Melalui Mediasi Penggunaan Media Sosial di CGV Focal Point Medan
Other Titles: The Effect of Korean Cultural Fanaticism on Hedonistic Life Style, Mediation of Social Media Use at CGV Focal Point Medan
Authors: Purnomo, Rudi
metadata.dc.contributor.advisor: Hardjo, Suryani
Patisina
Keywords: fanatisme kebudayaan korea;gaya hidup hedonisme;penggunaan media sosial;korean cultural fanaticism;hedonistic life style;social media use
Issue Date: 8-Jan-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;211804004
Abstract: Kegiatan menonton film Korea saat ini semakin diminati bahkan beberapa film yang dibintangi oleh beberapa idol Kpop dari boyband tertentu juga sangat diminati oleh para penggemarnya. Kegemaran mereka dengan budaya Korea dapat membentuk gaya hidup hedonis. Fenomena ini ditunjukkan dengan relanya para penggemar untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyewa studio agar dapat menonton bersama anggota fanbase lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap fanatisme kebudayaan Korea melalui mediasi penggunaan media sosial di CGV Focal Point Medan. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 150 orang penonton film Korea di bioskop CGV Focal Point Medan. Penelitian ini menggunakan skala fanatisme kebudayaan Korea, skala gaya hidup hedonisme dan skala penggunaan media sosial dalam bentuk likert. Dengan bantuan perangkat lunak Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif signifikan fanatisme kebudayaan Korea terhadap penggunaan media sosial pada penonton CGV Focal Point. Terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan media sosial terhadap gaya hidup hedonisme pada penonton CGV Focal Point Medan. Terdapat pengaruh postif signifikan fanatisme kebudayaan Korea terhadap gaya hidup hedonisme pada penonton CGV Focal Point Medan. Terdapat peran mediasi penggunaan media sosial dalam pengaruh antara fanatisme kebudayaan Korea terhadap gaya hidup hedonisme penonton di CGV Focal Point Medan. Watching Korean films is currently popular, even several films starring several Kpop idols from certain boybands. This phenomenon is demonstrated by the willingness of fans to pay large amounts of money to rent a studio so they can watch with other fanbase members. The aim of this research is to determine and analyze the influence of lifestyle on Korean cultural fanaticism through the mediation of the use of social media at CGV Focal Point Medan. The sample for this research consisted of 150 Korean film viewers at the CGV Focal Point Medan cinema. This research uses a Likert scale as a measuring tool. The results of the research show a significant positive influence of Korean cultural fanaticism on the use of social media among CGV Focal Point viewers. There is a significant positive influence of the use of social media on the lifestyle of the CGV Focal Point Medan audience. There is a significant positive influence of Korean cultural fanaticism on the lifestyle of the CGV Focal Point Medan audience. There is a mediating role of social media use in the influence of Korean cultural fanaticism on the audience's lifestyle at CGV Focal Point Medan.
Description: 133 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24463
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
211804004 - Rudi Purnomo - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.41 MBAdobe PDFView/Open
211804004 - Rudi Purnomo - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV780.86 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.