Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24868
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuis, Abdul-
dc.contributor.advisorMunawir, Zaini-
dc.contributor.authorTarigan, Dermawan-
dc.date.accessioned2024-08-01T04:31:31Z-
dc.date.available2024-08-01T04:31:31Z-
dc.date.issued2012-09-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24868-
dc.description77 Halamanen_US
dc.description.abstractPembahasan skripsi ini adalah tentang pelak:sanaan penyelesaian sengketa konsumen yang salah satunya dapat dilak:ukan lewat Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang dibentuk oleh Pemerintah itu dimak:sudkan untuk memberikan fasilitas penyelesaian sengketa perdata konsumen secara efisien, cepat, murah dan profesional. Tetapi dalam perwujudannya di tengah-tengah masyarak:at khususnya konsumen, mak:a perihal keberadaan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen tersebut kurang populer dan kurang diketahui oleh masyarak:at. Di sisi yang lain konsumen juga kurang mengetahui hak-hak: khususnya konsumen di level menengah ke bawah. Sengketa konsumen ini sering dilandasri dengan Pasal 1365 KUH Perdata tentang perbuatan melawan hukum. Pembahasan ini niengambil rumusan masalah tentang: bagaimana peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam penyelesaian sengketa konsumen, serta bagaimana mekanisme penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Untuk membahasa skripsi ini mak:a diadakan penelitian secara kepustakaan dan penelitian lapangan pada BPSK Kota Medan. Dari hasil penelitian tersebut dilakukan analisis data secara normative juridis. Dan dan hasil pengolahan data tersebut diketahui Peranan BPSK adalah sebagai suatu lembaga yang menjadi penengah, penanganan, penyelesaian sengketa konsumen. Lembaga ini juga berperan dalam memberikan konsultasi perlindungan konsumen serta melak:ukan penelitian dan pemeriksaan sengketa perlindungan konsumen. BPSK berkedudukan di setiap ibukota Kabupaten/Kota. ekanisme penyelesaian sengketa di luar pengadilan melalui BPSK pada dasarnya dilakukan berdasarkan inisiatif para pihak yang bersengketa, yaitu konsumen dan pelaku usaha. Mereka memilih pihak-pihak: yang dirasak:an oleh keduanya sebagai pihak yang dapat menyelesaikan sengketa. Selanjutnya berdasarkan pilihan tersebut para pihak yang ditunjuk mela..lrukan musyawarah untuk menyelesaikan sengketa konsumen tersebut. Selanjutnya hasil putusan penyelesaian sengketa konsumen tersebut mengikat para pihak yang bersengketa untuk mematuhinya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;068400080-
dc.subjecttinjauan hukum perdataen_US
dc.subjectperanan badan penyelesaian sengketa konsumenen_US
dc.subjectmelindungi konsumenen_US
dc.subjectcivil law reviewen_US
dc.subjectthe role of consumer dispute resolution bodiesen_US
dc.subjectprotect consumersen_US
dc.titleTinjauan Hukum Perdata Tentang Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam Hal Melindungi Konsumen (Studi Kasus di Kantor BPSK Medan)en_US
dc.title.alternativeCivil Law Review Concerning the Role of Consumer Dispute Resolution Bodies in Protecting Consumers (Case Study at the Medan BPSK Office)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Civil Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
068400080 - Dermawan Tarigan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography10.47 MBAdobe PDFView/Open
068400080 - Dermawan Tarigan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV7.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.