Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25015
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIstiana-
dc.contributor.advisorSrg, Farida Hanum-
dc.contributor.authorHanan-
dc.date.accessioned2024-08-13T04:26:34Z-
dc.date.available2024-08-13T04:26:34Z-
dc.date.issued2012-11-02-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25015-
dc.description77 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efektifitas mengajar guru kesenian dengan kreativitas siswa SMA Gajah Mada Medan, dimana jumlah siswa yang digunakan sebanyak 80 orang. Kreativitas yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah kreativitas verbal dan kreativitas figural. Kedua jenis kreativitas ini diungkap dengan alat tes kreativitas. Sedangkan variabel efektifitas mengajar guru dalam penelitian ini diungkap dengan menggunakan skala. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi: ada hubungan antara efektivitas mengajar guru dengan kreativitas siswa. Semakin baik efektivitas mengajar guru maka akan semakin tinggi kreativitas siswa, begitu juga • sebaliknya semakin buruk efektivitas mengajar guru maka akan semakin rendah pula kreativitas yang dimilki siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment, dimana berdasarkan analisis diperoleh hasil hasil-hasil sebagai berikut: I). Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara efektifitas mengajar guru dengan kreativitas verbal. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = 0,404 ; Sig < 0,010. Demikian pula terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara efektifitas mengajar guru dengan kreativitas figural. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = 0,550 ; Sig < 0,010. 2). Bahwa efektifitas mengajar guru memberikan pengaruh atas terbentuknya kreativitas verbal sebesar 16,3% dan 30,2% terhadap kreativitas figural. Dari hasil ini, maka dapat diketahui bahwa masih terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kreativitas yang tidak diungkap dari penelitian ini, baik untuk hal verbal maupun figural. 3). Bahwa efektifitas mengajar guru cenderung rendah, sebab nilai rata-rata empirik (90,987) yang diperoleh lebih kecil dari nilai rata-rata hipotetik (92,5), namun selisih kedua nilai rata-rata tersebut tidak melebihi bilangan SD sebesar 22,858. Diketahui bahwa dari 80 orang siswa SMA Gajah Mada Medan, terdapat 4 orang yang memiliki kreativitas verbal pada kategori sangat tinggi, 13 orang pada kategori tinggi, 35 orang masuk pada kategori sedang, 21 orang kategori rendah dan 7 orang yang memiliki kreativitas verbal sangat rendah. Kemudian dalam hal kreativitas figural, diketahui 6 orang yang termasuk kategori memiliki kreativitas sangat tinggi, 5 orang kategori tinggi, 15 orang tergolong memiliki kreativitas sedang, 20 orang masuk kategori kreativitas rendah dan 34 orang memiliki kreativitas figural yang sangat rendah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;088600096-
dc.subjectefektifitas mengajar guruen_US
dc.subjectkreativitasen_US
dc.subjectteacher teaching effectivenessen_US
dc.subjectcreativityen_US
dc.titleHubungan antara Efektifitas Mengajar Guru Kesenian dengan Kreativitas Siswa SMA Gajah Mada Medanen_US
dc.title.alternativeThe relationship between the teaching effectiveness of art teachers and the creativity of students at Gajah Mada High School, Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
088600096 - Hanan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography5.39 MBAdobe PDFView/Open
088600096 - Hanan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.