Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25083
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Rahmi-
dc.contributor.authorPurba, Hendra Pramana-
dc.date.accessioned2024-08-16T05:19:07Z-
dc.date.available2024-08-16T05:19:07Z-
dc.date.issued2013-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25083-
dc.description90 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi dan ekspektansi terhadap sarjana psikologi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Skala Skala persepsi terhadap sarjana psikologi ini dikembangkan peneliti, berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Baron dan Byrne, juga Myers ( dalam Gerungan, 1996), dengan aspek-aspek sebagai berikut: komponen kognitif (komponen perseptual), komponen afektif (komponen emosional), serta komponen konatif (komponen perilaku, atau action component). Adapun skala ekspekstansi terhadap sarjana psikologi ini dikembangkan peneliti berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Faturrahman (2002), dengan tujuan akhir ekspektansi sebagai berikut: harapan hidup sejahtera, status sosial, kenyamanan hidup, stimulasi yang menyenangkan, otonomi, a:filiasi, serta moralitas.Adapun yang menjadi populasi adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area semester VIII yang berjumlah 270 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan random sampling, Adapun jumlah sampel yang akan dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa ketiga aspek .benar-benar dinyatakan sebagai aspek yang terdapat pada persepsi sarjana psikologi, dimana terlihat: a) Aspek kognitif: bobot sumbangan efektifnya sebesar 96%, aspek afektif: bobot sumbangan efektifnya sebesar 91, 7%, serta aspek konatif: bobot sumbangan efektifnya sebesar 92,00/o. Sedangkan pada tujuan akhir dari ekspektansi terhadap sarjana psikologi ini menunjukkan bahwa ketujuh tujuan akhir dalam penelitian ini juga dinyatakan sbagai tujuan yang hendak dicapai, dimana terlihat: a) Harapan hidup sejahtera: bobot sumbangan efektifnya sebesar 84%, b) Status sosial: bobot sumbangan efektifnya sebesar 94, 7 %, c) Kenyamanan hidup: bobot sumbangan efektifnya sebesar 96,0%, d) Stimulasi yang menyenangkan: bobot sumbangan efektifnya sebesar 89,3%, e) Otonomi: bobot sumbangan efektifnya sebesar 89,3%, f) A:filiasi: bobot sumbangan efektifnya sebesar 94,7%, serta g) Moralitas: bobot sumbangan efektifnya sebesar 94, 7%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;088600284-
dc.subjectpersepsien_US
dc.subjectekspektansien_US
dc.subjectsarjana psikologien_US
dc.titleGambaran Persepsi dan Ekspektansi Terhadap Sarjana Psikologien_US
dc.title.alternativeDescription of Perceptions and Expectations of Psychology Bachelorsen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
088600284 - Hendra Pramana Purba Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography5.61 MBAdobe PDFView/Open
088600284 - Hendra Pramana Purba Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.