Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25188
Title: Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Peningkatan Pelayanan Publik Berdasarkan Kepmenpan Nomor 25 Tahun 2004
Other Titles: Quality of Population Administration Services in Improving Public Services Based on Ministerial Decree Number 25 of 2004
Authors: Girsang, Hosianna
metadata.dc.contributor.advisor: Zamzami
Lubis, Abdul Muthalib
Keywords: kualitas pelayanan;administrasi kependudukan;peningkatan pelayanan publik;kepmenpan nomor 25 tahun 2004;service quality;population administration;improving public services;ministerial decree number 25 of 2004
Issue Date: Jan-2010
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;068400131
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengctahui kualitas pelayanan administrasi kependudukan dalam hal penerbitan Kartu Tanda Penduduk di Kelurahan Lubuk Pakam III berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Kep/25/M.PAN/2/2004 tanggal 24 Februari 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyamkat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah,dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk di Kelurahan Lubuk Pakam III Kecamatan Lubuk Pakam berdasarkan Kepmenpan Nomor 25 Tahun 2004. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik analisis data secara induktif menggunakan tabel tunggal kemudian dicari rata-rata variabel kualitas pelayanan. Pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan.Populasi adalah masyarakat kelurahan Lubuk Pakam III bcrjumlah 4.656 orang dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 150orang berasal dari 9 (sembilan ) lingkungan, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sompling. Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasí data diketahui bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan dalam hal penerbitan Kartu Tanda Penduduk di Kelurahan Lubuk Pakam III berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Kep/25/M.PAN/2/2004 tanggal 24Februari 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah tormasuk dalam katewori kurany baik,dimana dari ke-14 unsur pelayanan, terdapat 7 (tujuh) unsur pelayanan kurang baik dan 7 (tujuh) unsur pelayanan yang termasuk dalam kategori baik yaitu :prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, keadilan meilapatkan pelayanan,kesopanan dan keramahan petugas, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan dan keamanan pelayanan. Dan faktor-faktor yang mempengoruli kualtas pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk di Kantor Kelurahan Lubuk Pakam IIl Kecamatan Lubuk Pakam adalah kualitas sumber daya manusia yang masih rendah dimana para pegawai masih kurang kesadaran dalam memberikan pelayanan,keterbatasan fasilitas pelayanan, sistem dan prosedur pelayanan yang masih panjang dan berbelít-belít, belum adanya standar pelayanan minimal dalam pengurusan birokrasi yang menyangkut prosedur, waktu, dan biaya. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan tersebut di atas, maka penulis memberikan sumbangan saran untuk meningkatkan aspek pengelahuan dimunu aspek ini mcnupakan salah satu syaat pombcntukan kualitas sumber daya manusia selungga dapat menciptakan SDM yang mampu berpikir jaul ke depan,mengambil keputusan secara jitu dan berwawasan jauh ke depan bagi pelaksanaan tugas, terutama dalam mengemban misi pelayanan kepada masyarakat.
Description: 85 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25188
Appears in Collections:SP - Law of State Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
068400131 - Hosianna Girsang - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography13.5 MBAdobe PDFView/Open
068400131 - Hosianna Girsang - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV3.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.