Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25264
Title: Model Creative ART dalam Bermain Movement untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar dan Kerjasama Anak di TK Al-Ihsan
Other Titles: Creative ART Model in Playing Movement to Develop Children's Gross Motor Skills and Cooperation in Al-Ihsan Kindergarten
Authors: Gusra, Tengku Rurin
metadata.dc.contributor.advisor: Milfayetty, Sri
Keywords: seni kreatif;permainan gerak;keterampilan motorik kasar;kerjasama anak
Issue Date: Sep-2018
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;151804100
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model seni kreatif dalam permainan gerak untuk mengembangkan motorik kasar dan kerjasama anak. Metode penelitian ini dilakukan (research and development) dengan melalui empa tahapan penelitian yaitu define, design, development, dan diseminasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Al-laan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 24 anak. , peneliti mengambil 4 anak sebagai sampel acak, Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi analisis data menggunakan uji-t.Hasil penelitian adalah peningkatan kemampuan motorik kasar sebesar 88,4% dan peningkatan kemampuan kerjasama anak sebesar 89,4% setelah perlakuan yang digunakan model seni kreatif dalam permainan gerak Sedangkan peningkatan penggunaan metode konvensional hanya sebesar 74,2% dan kerjasama anak sebesar 74,4% Dapat disimpulkan penggunaan model seni kreatif dalam permainan gerak lebih efektif dalam meningkatkan kecerdasan kasar. perkembangan motorik dan kerjasama perkembangan anak dibandingkan dengan penggunaan model konvensional.
Description: 97 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25264
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
151804100 - Tengku Rurin Gusra Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography6.35 MBAdobe PDFView/Open
151804100 - Tengku Rurin Gusra Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV4.96 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.