Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25268
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuraini-
dc.contributor.advisorLubis, Saiful Akbar-
dc.contributor.authorSarah, Yuni-
dc.date.accessioned2024-08-29T08:13:00Z-
dc.date.available2024-08-29T08:13:00Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25268-
dc.description114 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penyesuaian diri siswa yang diberikan melalui layanan bimbingan kelornpok yaitu teknik permainan simulasi dan teknik asertif yang dilihat melalui efikasi diri siswa yaitu efikasi diri tinggi dan efikasi diri rendah. Penelitian ini rnerupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Siabu sebanyak 48 orang yang terdiri dari dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelompok eksperimen diterapkan BKp Teknik permainan simulasi sebanyak 22 orang dan kelas kedua sebagai kelompok kontrol diterapkan BKp Teknik latihan asertif sebanyak 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner efikasi diri dan penyesuaian diri. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan 0,05 . Hasil penelitian menunjukan yang pertama ialah adanya pengaruh bimbingan kelompok terhadap penyesuaian diri siswa terdapat peningkatan nilai signifikan yang ditunjukkan oleh 0,000 < 0,005 maka dapat dikatakan bahwa hasil pengujian hipotesis menolak Ho atau menerima Ha dalam taraf alpha 5%, yang kedua ada pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian diri siswa. terdapat peningkatan nilai signifikan terhadap penyesuaian diri yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000<0,005 rnaka dapat dikatakan bahwa hasil pengujian hipotesis menolak Ho atau menerirna Ha dalam taraf alpha 5% yang artinya ada pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian diri siswa, dan yang ketiga adanya interaksi terhadap bimbingan kelompok dan efikasi diri yang berpengaruh pada signifikan terhadap penyeuaian diri yang ditunjukkan oleh 0,000 < 005 . Maka dapat dikatakan bahwa hasil pengujian hipotesis menolak Ho atau menerima Ha dalam taraf 5% This study aims to determine the improvement of students' adjusment given through group guidence services namely simulation game techniques and assertive training techniques that are seen through students' self efficacy, namely high self efficacy and low self efficacy. This research is a quasi-experimental study with factorial 2x2 design. The subjects of this study are the students of class X MAN Siabu as many 48 people consisting of two classes, where the first class as an experimental group is applied The simulation game technique BKp is 22 people and the second class is the control group applied by assertive training technique BKp as many·as 26 people. The instrument used in this study is a questionnaire on self efficacy and Adjusment. Data analyzed using two-way ANA VA with a significant level of 0. 05. The results showed that the first is the influence of group guidence on adjusment of students there is an increase in the significant value shown by 0.000 <0.005 it can be said that the results of testing the hypothesis reject Ha or accept Ha in the alpha level of 5%, the second there is the influence of self efficacy on adjusment student. there is a significant increase in the value of acjjusment indicated by the significance value of 0. 000 <0.005, it can be said that the results of testing the hypothesis reject. Ha or accept Ha in the alpha level of 5%, which means that there is an influence of self efficacy on the adjusment of students, and the third is the interaction of group giudence and self efficacy that influences the adjusment significance shown by 0.000 <005. So it can be said that the results of testing the hypothesis reject Ha or accept Ha in the level of 5%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;161804063-
dc.subjectbimbingan kelompok teknik permainan simulasi dan teknik latihan asertifen_US
dc.subjectefikasi dirien_US
dc.subjectpenyesuaian dirien_US
dc.subjectguidence simulation game technical group and assertive training techniqueen_US
dc.subjectself efficacyen_US
dc.subjectadjusmenten_US
dc.titlePengaruh Bimbingan Kelompok dan Efikasi Diri terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas X MAN Siabu Tahun Ajaran 2018/2019en_US
dc.title.alternativeThe Influence of Group Guidence and Self Efficacy on Adjusment Students of X Grade of MAN Siabu T.A 201812019.en_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
161804063 - Yuni Sarah - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography9.77 MBAdobe PDFView/Open
161804063 - Yuni Sarah - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV4.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.