Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25387
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Khairina, Nurul | - |
dc.contributor.author | Syifa, Muhammad | - |
dc.date.accessioned | 2024-09-13T03:59:20Z | - |
dc.date.available | 2024-09-13T03:59:20Z | - |
dc.date.issued | 2024-04 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25387 | - |
dc.description | 58 Halaman | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat terhadap Sea Games eSports yang tercermin dalam percakapan di platform Twitter. Dua permasalahan utama yang menjadi fokus adalah bagaimana sentimen masyarakat terhadap acara Sea Games eSports dan apakah tanggapan mereka cenderung positif atau negatif terhadap acara tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Algoritma Adaboost, sebuah teknik pada data mining yang bertujuan meningkatkan akurasi klasifikasi. Adaboost digunakan untuk menganalisis sentimen dari data percakapan di Twitter dengan menggunakan feature selection untuk memilih fungsi klasifikasi yang lemah, kemudian menggabungkannya menjadi fungsi klasifikasi yang baru. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi tertinggi tercapai pada pengujian ke-2 dengan penggunaan data training sebesar 90% dan testing sebesar 10%, yang menghasilkan akurasi sebesar 98%. Analisis sentimen terhadap Sea Games eSports menunjukkan bahwa mayoritas pengguna twitter mengekspresikan sentimen positif sebanyak 111 (95,7%), sementara sentimen negatif hanya sebanyak 5 (4,3%). Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat cenderung memberikan tanggapan yang positif terhadap acara Sea Games eSports. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa analisis sentimen dengan menggunakan Algoritma Adaboost mampu memberikan hasil akurat dalam memetakan tanggapan masyarakat terhadap acara Sea Games eSports di Twitter. Implikasinya, adanya dukungan yang kuat dari masyarakat terhadap acara ini dapat menjadi dasar penting dalam pengembangan dan promosi lebih lanjut dari Sea Games eSports. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.relation.ispartofseries | NPM;188160025 | - |
dc.subject | sentimen | en_US |
dc.subject | esport | en_US |
dc.subject | adaboost | en_US |
dc.subject | klasifikasi | en_US |
dc.title | Analisis Sentiment Masyarakat Terhadap Sea Games Esports pada Twitter dengan Menggunakan Algoritma Adaboost | en_US |
dc.title.alternative | Analysis of Public Sentiment Towards Sea Games Esports on Twitter Using Adaboost Algorithm | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | SP - Informatic Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
188160025 - Muhammad Syifa Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 1.25 MB | Adobe PDF | View/Open |
188160025 - Muhammad Syifa Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 655.79 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.