Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25406
Title: Peranan Lurah dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat di Kelurahan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal
Other Titles: The Role of the Village Head in Improving Services to the Community in Panyabungan Village, Mandailing Natal Regency
Authors: Abdillah, Baginda Dwi
metadata.dc.contributor.advisor: Batubara, Beby Mashito
Keywords: pelayanan;kelurahan
Issue Date: May-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178510007
Abstract: Latar belakang masalah dalam hal ini adalah kurang efektifnya peranan kelurahan dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat dengan sering ditemukannya para Aparatur Sipil Negara (ASN) terlambat bahkan tidak masuk kerja (absen) sehingga mengganggu kelancaran pelayanan administrasi dikantor kelurahan tersebut. Kurangnya pengawasan dan kedisiplinan membuat para pegawai menjadi dibuai dan tidak disiplin. Tujuan penelitian untuk mengetahui peranan lurah dalam memberikan pelayanan administrasi publik di Kelurahan Panyabungan III. Penelitian ini memakai metode kualitatif sebagai analisis data. Sumber data penelitian ini adalah lurah, pegawai, dan masyarakat. Data dikumpulkan berdasarkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Teori yang digunakan adalah teori peranan yaitu Teori Zithaml; Tangibel (berwujud), Reliability (kehandalan), Responsiviness (ketanggapan), Empathy (empati). Hasil penelitian adalah peran lurah dalam meningkatkan pelayanan publik masih belum optimal, hal ini dibuktikan masih lemahnya sikap, kemampuan, semangat kerja pegawai, dan perlu ditingkatkan lagi pelayananan yang diberikan kepada masyarakat. Kurangnya peranan kelurahan dalam memberikan pelayanan administrasi publik dengan ditemukannya fenomena beberapa pegawai yang terlambat dan absen merupakan faktor yang menghambat kinerja kelurahan dalam pelayanan administrasi. Pentingnya pengawasan dan kedisiplinan guna menjaga kualitas pelayanan publik yang dilakukan dikelurahan agar terciptanya good governance sehingga kegiatan administrasi masyarakat berjalan dengan baik.
Description: 70 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25406
Appears in Collections:SP - Government Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178510007- Baginda Dwi Abdillah Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.44 MBAdobe PDFView/Open
178510007- Baginda Dwi Abdillah Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV431.42 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.