Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25471
Title: Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Ibu Sosialita Arisan Bella Production
Other Titles: The Effect Of Lifestyle On Iphone Purchase Decisions Among Bella Production Socialite Mothers
Authors: Purba, Putri Anggini
metadata.dc.contributor.advisor: Aisyah, Siti
Keywords: gaya hidup;keputusan pembelian iphone;ibu sosialita;lifestyle;iphone purchase decision;sosialite mothers
Issue Date: 2-Sep-2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;208600311
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Ibu Sosialita Arisan Bella Production. Pendekatan penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana yaitu hubungan secara linear antara satu variabel bebas dan satu variabel terikat yang digunakan untuk memprediksi atau meramalkan suatu nilai variabel terikat berdasarkan variabel bebas. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah 50 Ibu Sosialita Arisan Bella Production. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sederhana, dapat diketahui bahwa Berdasarkan hasil uji regresi linier didapatkan nilai Y = 4,919+1,139x. Dari persamaan garis ini didapatkan hasil bahwa setiap kenaikan pada x ( gaya hidup) maka akan ada peningkatan pada y (keputusan pembelian) artinya terdapat pengaruh positif gaya hidup terhadap terhadap keputusan pembelian sebesar 94,5%. Dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini juga mencerminkan indikasi tinggi gaya hidup dan dengan nilai hipotetik sebesar 57,5 dan empiric sebesar 69,36. selain itu selisihnya juga melampaui satu SD 7,698 menunjukkan adanya penurunan yang signifikan dan konsisten. Dalam menentukan variabel keputusan pembelian juga memperoleh hasil sedang dengan nilai hipotetik sebesar 70 dan Empirik sebesar 80,52 selisihnya juga melampaui satu SD 9,020. Maka hasil ini dapat menjawab hipotesis yang diajukan yaitu semakin tinggi gaya hidup maka semakin tinggi keputusan pembelian iphone. This research aimed to determine the effect of lifesttle on iPhone purchase decisions among Bella Production socialite mothers. The research approach used in this study was quantitative. The method used was simple regression analysis, which is a linear relationship henveen one independent variable and one dependent variable, used to predict or forecast the value ofthe dependent variable based on the independent variable.The population in this study consisted of 50 Bella Production socialite mothers. Based on the results of the simple regression analysis, it was found that the linear regression lest produced the equation Y - 4.919 + 1.139x From this equation, it was concluded that for every increase in x (lifestyle), there was a corresponding increase in y (purchase decision). meaning there was a positive effect oflijestvle on purchase decisions by 94.5%.Therefore, the hypothesis was accepled. The results of this research also reflected a high indication of lifestyle with a hypothetical value of57.5 and an empirical value of 69.36.with the difference exceeding one SD of 7.698, indicating a significant and consistent increase. In derermining the purchase decision variable, the results were moderate,with a hypothetical value of 70 and an empirical value of 80.52, with the difference also exceeding one SD of 9.020. Thus, these findings supported the hypothesis that the higher the lifestyle, the higher the iPhone purchase decision.
Description: 77 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25471
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208600311 - Putri Anggini Purba - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.52 MBAdobe PDFView/Open
208600311 - Putri Anggini Purba - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV421.68 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.