Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25499
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHarahap, Dinda Permata Sari-
dc.contributor.authorSalsabila, Syifa-
dc.date.accessioned2024-10-01T08:52:32Z-
dc.date.available2024-10-01T08:52:32Z-
dc.date.issued2024-09-06-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25499-
dc.description48 Halamanen_US
dc.description.abstractMahasiswa tingkat akhir sering mengalami kecemasan yang mempengaruhi performa mereka, terutama dalam penyusunan skripsi. Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh berpikir positif terhadap kecemasan pada mahasiswa Universitas Pembangunan Pancabudi Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 mahasiswa yang mengerjakan skripsi di prodi manajemen universitas Pembangunan Pancabudi Medan , dan sampel sebanyak 48 orang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala berpikir positif dan kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara berpikir positif dengan kecemasan, dengan nilai regresi linier sederhana (rxy) sebesar -0,574 dan p=0,000<0,05, sehingga hipotesis diterima. Analisis data menunjukkan tingkat kecemasan tergolong tinggi dengan (MH 70 < ME 85,75), yang selisihnya melebihi satu SD (9,836). Sebaliknya, tingkat berpikir positif tergolong rendah dengan (MH 60 > ME 45,19), yang selisihnya juga melebihi satu SD (6,903). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir positif dapat menjadi strategi efektif untuk mengatasi kecemasan yang dialami mahasiswa saat mengerjakan skripsi. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam bidang psikologi, khususnya upaya meningkatkan kesejahteraan mental mahasiswa. Final year students often experience anxiety which affects their performance, especially in writing their thesis. This research aims to find the effect of positive thinking on anxiety in students at the Pancabudi Development University, Medan. The type of research used is quantitative research. The population in this study was 120 students working on their thesis in the management study program at the Pancabudi Development University, Medan, and a sample of 48 people was selected using a purposive sampling technique. Data was collected using positive thinking and anxiety scales. The results of the research show that there is a negative influence between positive thinking and anxiety, with a simple linear regression (rxy) value of -0.574 and p=0.000<0.05, so the hypothesis is accepted. Data analysis shows that the level of anxiety is relatively high with (MH 70 < ME 85.75), the difference is more than one SD (9.836). On the other hand, the level of positive thinking is relatively low with (MH 60 > ME 45.19), the difference also exceeds one SD (6.903). The research results show that positive thinking can be an effective strategy for overcoming the anxiety experienced by students when working on their thesis. These findings provide an important contribution to the field of psychology, especially efforts to improve students' mental well-being.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;208600061-
dc.subjectberpikir positifen_US
dc.subjectkecemasan mahasiswaen_US
dc.subjectpositive thinkingen_US
dc.subjectstudents anxietyen_US
dc.titlePengaruh Berpikir Positif terhadap Kecemasan Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi di Universitas Pembangunan Panca Budi Medanen_US
dc.title.alternativeThe Effect Of Positive Thinking On Anxiety Among Students Working On Their Theses At University Of Pembangunan Panca Budien_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208600061 - Syifa Salsabila - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.11 MBAdobe PDFView/Open
208600061 - Syifa Salsabila - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV604.54 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.