Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25798
Title: Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perkotaan
Other Titles: Analysis of the Influence of Side Obstacles on the Performance of Urban Road Sections
Authors: Rajagukguk, Arif Juan Pigo
metadata.dc.contributor.advisor: Ardan, Melloukey
Keywords: hambatan samping;kecepatan;tingkat pelayanan
Issue Date: Aug-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188110122
Abstract: Salah satu permasalahan yang turut memperburuk kondisi lalu lintas, adalah masalah hambatan samping pada ruas jalan yang padat arus lalu lintasnya. Hambatan samping adalah dampak terhadap kinerja lalu lintas dari aktifitas samping segmen jalan, antara lain minimnya fasilitas parkiran pada suatu kawasan yang akan mengakibatkan aktivitas parkir baru, kendaraan keluar masuk dari sisi jalan, pejalan kaki, dan kendaraan lambat. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hambatan samping dan kinerja ruas jalan. Dari hasil analisis Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997) didapatkan hambatan samping cukup tinggi (H) = 729. Untuk kemampuan ruas jalan Arif Rahman dapat meloloskan jumlah volume lalulintas C = 4116.82 smp/jam ruas jalan Arif Rahman dikatakan mengalami permasalahan dengan kapasitas derajat kejenuhannya melebihi batas derajat kejenuhan ideal DS = 0.81 Tingkat layanan D pada arah selatan dan derajat kejenuhan pada arah utara masih dalam keadaan normal 0.72 Tingkat layanan C.
Description: 44 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25798
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188110122 - Arif Juan Pigo Rajagukguk Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography984.76 kBAdobe PDFView/Open
188110122 - Arif Juan Pigo Rajagukguk Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV260.53 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.