Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25929
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Andre Hasudungan-
dc.contributor.authorSirait, Wandira-
dc.date.accessioned2024-12-02T03:30:37Z-
dc.date.available2024-12-02T03:30:37Z-
dc.date.issued2024-05-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25929-
dc.description44 Halamanen_US
dc.description.abstractAnalisis sentimen merupakan komponen dari kecerdasan buatan yang digunakan untuk mengevaluasi dan mengeksplor tanggapan publik terhadap suatu produk, jasa dan isu isu tertentu. Analisis dilakukan dengan cara mengumpulkan data berbentuk teks dari berbagai sumber seperti media sosial yang kemudian dilakukan ekstraksi fitur sehingga data tersebut berubah menjadi berbentuk numerik. Analisis sentimen dapat dilakukan untuk tujuan bisnis. Sebagai salah satu warung kopi yang cukup besar di Indonesia dengan jumlah cabang yang tersebar di seluruh wilayah, Starbucks cukup popular di kalangan masyarakat. Namun, konflik yang terjadi di negara Israel dan Palestina yang mengakibatkan bnyaknya perdebatan di tengah masyarakat, khususnya di media sosial, sehingga perlu dilakukan analisis sentimen terhadap Starbucks di Indonesia. Penelitian ini menggunakan algoritma X-means sebagai metode analisis. Dimana, jumlah data yang dikumpulkan dari media sosial. X Sebayak 6298 komentar. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah sentimen negatif sebanyak 5781 sedangkan sentimen positif adalah sejumlah 517 . Hal ini menunjukan bahwa mayoritas data komentar bernilai negatif. Hasil evaluasi clustering dengan menggunakan Davies Bouldin Index (DBI) adalah sebesar 0.836, yang dapat disimpulkan bahwa hasil clustering yang dilakukan cukup baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188160056-
dc.subjectAnalisis Sentimenen_US
dc.subjectMedia Sosialen_US
dc.subjectStarbucksen_US
dc.subjectX-Meansen_US
dc.titleAnalisis Sentimen terhadap Starbucks di Media Sosial Menggunakan Algoritma X-Meansen_US
dc.title.alternativeSentiment Analysis of Starbucks on Social Media Using the X-Means Algorithmen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Informatic Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188160056 - Wandira Sirait Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.35 MBAdobe PDFView/Open
188160056 - Wandira Sirait Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV481.56 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.