Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26129
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSibuea, Faiz Ahmad-
dc.contributor.authorPasaribu, Marchell Eben Yesaya-
dc.date.accessioned2024-12-24T04:59:26Z-
dc.date.available2024-12-24T04:59:26Z-
dc.date.issued2024-08-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26129-
dc.description62 Halamanen_US
dc.description.abstractPerdagangan internasional dilakukan oleh semua negara, mengabaikan perbedaan sumber daya nasional dan kapasitas untuk menghasilkan barang dan jasa untuk perdagangan. Ekspor adalah bagaimana suatu negara berpartisipasi dalam perdagangan internasional. Indonesia memiliki tarif yang lebih tinggi dari negaranegara lain, menjadikannya komoditas strategis bagi Indonesia. Studi ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan komparatif produksi ekspor Indonesia di negaranegara eksportir utama. Metode Reveled Comparative Advantage (RCA) digunakan untuk membandingkan keuntungan teh Indonesia dengan eksportir teh utama di pasar internasional. Nilai RCA yang lebih tinggi menunjukkan bahwa suatu negara memiliki keunggulan komparatif. Pada tahun 2022, produksi ekspor tertinggi di dunia adalah di Malaysia, diikuti oleh Polandia, Rusia, Australia, Jerman, India, dan China. Negara-negara dengan tingkat RCA yang lebih tinggi memiliki kinerja yang lebih baik dalam produksi ekspor. Analisis ISP digunakan untuk menentukan apakah suatu negara memiliki kecenderungan untuk menjadi importir atau eksportir produk tertentu. (2004). Indeks secara tidak langsung menunjukkan penawaran dan permintaan. Tidak seperti pasokan, permintaan mengacu pada ekspor domestik suatu negara. Nilai ISP menunjukkan bahwa nilai negatif diimpor sementara nilai positif di ekspor.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;208220027-
dc.subjectTehen_US
dc.subjectPerdagangan Internasionalen_US
dc.subjectKeunggulan Komparatifen_US
dc.subjectDaya Saingen_US
dc.subjectIndeks Spesialisasi Perdaganganen_US
dc.subjectEksporen_US
dc.subjectImporen_US
dc.titleAnalisis Perdagangan Teh Indonesia di Pasar Internasionalen_US
dc.title.alternativeAnalysis of Indonesian Tea Trade in the International Marketen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208220027 - Marchell Eben Yesaya Pasaribu Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.01 MBAdobe PDFView/Open
208220027 - Marchell Eben Yesaya Pasaribu Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV470.54 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.