Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26574
Title: Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Kopi Indonesia di Pasar Internasional
Other Titles: Analysis of Factors Affecting Indonesian Coffee Exports in the International Market
Authors: Maulana, Rizky Ananda
metadata.dc.contributor.advisor: Simanullang, Endang Sari
Keywords: Perdagangan Internasional;Ekspor;Model Gravity;Volume Ekspor
Issue Date: Aug-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;208220050
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk megidentifikasi perkembangan volume dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume ekspor kopi Indonesia di pasar internasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis model gravity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume ekspor Indonesia tertinggi di pasar internasional adalah Amerika Serikat. Faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi ekspor kopi Indonesia di pasar internasional adalah GDP, Jarak Ekonomi, dan Nilai Tukar Rupiah dengan tanda positif. Pemerintah diharapkan dapat menetapkan kebijakan dan strategi perdagangan terkait ekspor kopi di Indonesia di lima negara tujuan utama, meningkatkan kualitas produksi dengan memperluas lahan penanaman kopi di Indonesia dan penyediaan bibit kopi unggul bagi para petani Indonesia. Penelitian selanjutnya di harapkan dapat memperluas wilayah penelitiannya seperti menambah jangka waktu dalam penelitian dan dapat menggunakan metode atau indikator yang berbeda dari penelitian ini.
Description: 66 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26574
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208220050 - Rizky Ananda Maulana Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.57 MBAdobe PDFView/Open
208220050 - Rizky Ananda Maulana Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV362.9 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.