Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26688
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Rakhmad Arief-
dc.contributor.authorSitepu, Juwanda-
dc.date.accessioned2025-02-18T02:59:40Z-
dc.date.available2025-02-18T02:59:40Z-
dc.date.issued2024-08-20-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26688-
dc.description53 Halamanen_US
dc.description.abstractPengujian simulasi tabrakan depan pada mobil kecil dengan kecepatan yang berbeda pada penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti dalam membangun sebuah rancangan mobil kecil yang kemudian akan digunakan pada ajang kompetisi nasional maupun internasional. Dalam membangun sebuah rancangan moda transfortasi pengujian simulasi tabrakan depan sangat penting dilakukan guna menguji ketahanan pengamanan bagian depan mobil bagi keselamatan pengemudi maupun penumpang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode simulasi dengan memanfaatkan software Ls-Dyna sebagai alat untuk menjalankan simulasi dan juga software Solidwork sebagai alat untuk membangun model yang akan digunakan pada pengujian simulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pengaruh ASI (Acceleration Severity Index) terhadap tabrakan dengan variasi kecepatan 40, 60, dan 80 km/jam, dapat dilihat bahwa dalam tabrakan depan belum mendekati bahaya dikarenakan nilai ASI yang di dapat dibawah batas aman yang tidak menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada kendaraan dan tidak mengakibatkan cedera serius pada penumpang. Simulation testing of frontal collisions on small cars at high speeds The differences in this research are motivated by the wishes of the researchers build a small car design that will then be used on national and international competitions. In building a The design of transportation modes for frontal collision simulation testing is very important carried out to test the security resistance of the front of the car for driver and passenger safety. The method used in This research uses a simulation method by utilizing Ls-Dyna software as a tool for running simulations and software Solidwork as a tool for building models that will be used on simulation testing. The results of the research that has been carried out show an influence ASI (Acceleration Severity Index) for collisions with speed variations of 40, 60, and 80 km/h, it can be seen that in a frontal collision it is not yet approaching dangerous because the value of breast milk obtained is below the safe limit which is not cause serious damage to the vehicle or not resulting in serious injury to passengers.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198130120-
dc.subjectsimulasi tabrakanen_US
dc.subjectls-dynaen_US
dc.subjectsolidwork 2009en_US
dc.subjectcollision simulationen_US
dc.titlePengujian Simulasi Tabrakan Depan pada Mobil Kecil dengan Kecepatan yang Berbedaen_US
dc.title.alternativeFrontal Collision Simulation Testing on Small Cars at Different Speedsen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198130120 - Juwanda Sitepu - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2 MBAdobe PDFView/Open
198130120 - Juwanda Sitepu - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV2.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.