Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26778
Title: Preferensi Aktor D.O. Exo terhadap Keputusan Fandom Menonton Film The Moon
Other Titles: Actor Preferences D.O. Exo on the Fandom Decision to Watch the Film The Moon
Authors: Sinaga, Tonggo Tuti Elfrido
metadata.dc.contributor.advisor: Barus, Rehia K. Isabella
Keywords: do kyung-soo;aktor;fandom;keputusan menonton;actor;viewing decision
Issue Date: 28-Aug-2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;208530074
Abstract: Penelitian ini membahas mengenai preferensi aktor Doh Kyung-soo atau lebih dikenal sebagai D.O. yang juga merupakan seorang penyanyi dan salah satu anggota dari boy band EXO terhadap keputusan fandom menonton film The Moon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh D.O. EXO terhadap keputusan fandom menonton film The Moon. Masalah difokuskan pada pengaruh aktor terhadap keputusan menonton penggemar. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori yang dikemukakan oleh Wilbur Schramm yaitu teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) atau juga sering disebut A-A Procedure (from attention to action procedure). Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan sampel yang diteliti sebanyak 62 responden. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner melalui Google Forms. Analisis data yang digunakan yaitu analasis tabel tunggal. Uji hipotesis menggunakan uji T dan uji F serta koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa D.O. EXO tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan fandom untuk menonton film The Moon. Temuan uji koefisien determinasi mengungkapkan bahwa D.O. EXO memiliki dampak sebesar 4,1% terhadap keputusan fandom yang berarti terdapat pengaruh yang sangat rendah antara D.O. EXO terhadap keputusan fandom menonton film The Moon. This research discusses the preferences of actor Doh Kyung-soo or better known as D.O. who is also a singer and a member of the boy band EXO regarding the fandom's decision to watch the film The Moon. This research aims to find out how much influence D.O. EXO regarding the fandom's decision to watch the film The Moon. The issue focused on the influence of actors on fans' viewing decisions. In order to approach this problem, a theoretical reference put forward by Wilbur Schramm is used, namely the AIDDA theory (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) or also often called the A-A Procedure (from attention to action procedure). The method used is a quantitative research method with a sample of 62 respondents. The data obtained in this research used a questionnaire via Google Forms. The data analysis used is single table analysis. Hypothesis testing used the T test and F test and the coefficient of determination using SPSS version 27. The results showed that D.O. EXO does not have a significant influence on the fandom's decision to watch the film The Moon. The findings of the coefficient of determination test revealed that D.O. EXO has an impact of 4.1% on fandom decisions which means there is a very low influence between D.O. EXO regarding the fandom's decision to watch the film The Moon.
Description: 97 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26778
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208530074 - Tonggo Tuti Elfrido Sinaga - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.74 MBAdobe PDFView/Open
208530074 - Tonggo Tuti Elfrido Sinaga - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV524.6 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.