Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27306
Title: Pengaruh Lokasi, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Goa Ergendang Desa Penungkiren Deli Serdang
Other Titles: The Influence of Location, Tourist Attractions and Service Quality on Visitor Satisfaction of Ergendang Cave Tourism, Penungkiren Village, Deli Serdang
Authors: Rajagukguk, Nova
metadata.dc.contributor.advisor: Alfifto
Keywords: Lokasi;Daya Tarik Wisata;Kualitas Pelayanan;Kepuasan Pengunjung;Location;Tourist Attraction;Service Quality;Satisfaction Visitors
Issue Date: 11-Mar-2025
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;218320153
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis, Pengaruh Lokasi, Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Goa Ergendang. Desa Penungkiren Deli serdang Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi Keseluruhan Pengunjung berjumlah 13.519 orang. Dengan Teknik pengambilan sample yaitu purposive sampling yang berjumlah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Dengan hasil penelitian: (1) Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, hal ini terlihat dari nilai signifikan (0,008) < dari 0,05 dan t-hitung (2.713) > dibandingkan t-tabel (1.984). (2) Daya Tarik Wisata berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung., hal ini terlihat dari nilai signifikan (0,023) < 0,05 dan t-hitung (2.308) > dibandingkan t-tabel (1.984). (3) Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, hal ini terlihat dari nilai signifikan (0,002) < 0,05 dan t-hitung (3.193) > dibandingkan t-tabel (1.984). Lokasi, Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan secara serempak adalah signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel dan tingkat signifikansinya (0,000) < (0,05). This research aims to determine and analyze the influence of location, tourist attraction and service quality on visitor satisfaction at Ergendang Cave. Penungkiren Deli serdang Village The research method used in this research was quantitative. The overall population of visitors is 13,519 people. With a sampling technique, namely Purposive Sampling, totaling 100 respondents. The data analysis technique uses multiple linear regression. With the research results: (1) Location has a significant effect on Visitor Satisfaction, this can be seen from the significant value (0.008) < 0.05 and t-value (2,713) > compared to t-table (1,984). (2) Tourist Attraction has a significant effect on Visitor Satisfaction, this can be seen from the significant value (0.023) < 0.05 and t-valuet (2,308) > compared to t-table (1,984). (3) Service Quality has a significant effect on Visitor Satisfaction, this can be seen from the significant value (0.002) < 0.05 and t-value (3,193) > compared to t-table (1,984). Location, Tourist Attraction and Service Quality are simultaneously significant to Visitor Satisfaction, this can be seen from the Fcount>Ftable value and the significance level (0.000) < (0.05).
Description: 103 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27306
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218320153 - Nova Rajagukguk - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.85 MBAdobe PDFView/Open
218320153 - Nova Rajagukguk - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.