Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27556
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHarahap, Dinda Permata Sari-
dc.contributor.authorAzizah-
dc.date.accessioned2025-06-20T04:03:18Z-
dc.date.available2025-06-20T04:03:18Z-
dc.date.issued2025-02-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27556-
dc.description105 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa pada anak usia dini di Tk Daruz Zikra Medan Tuntungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan total sampling. Instrumen pengambilan data menggunakan skala ordinal yang disusun dari aspek perkembangan bahasa anak dan aspek penggunaaan gadget. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Tk. Daruz zikra yang berjumlah 30 siswa. Dalam upaya membuktikan hipotesis digunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan diperoleh hasil adanya pengaruh antara penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa pada anak usia dini. Hal ini terbukti dari hasil Y = 136.128 – 0,912x. Dari persamaan garis ini didapatkan hasil bahwa setiap kenaikan pada X (penggunaan gadget) maka akan ada penurunan pada Y (perkembangan bahasa) artinya terdapat pengaruh negatif penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa. Adapun sumbangan efektif X teradap Y sebesar 83%. Hasil penelitian juga menunjukkan perkembangan bahasa berada pada kategori rendah dan penggunaan gadget berada pada kategori tinggi. This study aims to determine the effect of gadget use on language development in early childhood at Daruz Zikra Kindergarten Medan Tuntungan. The research method used is quantitative. The sampling technique is by using total sampling. The data collection instrument uses an ordinal scale that is composed of aspects of children's language development and aspects of gadget use. The sample in this study were 30 students of Daruz Zikra Kindergarten. In an effort to prove the hypothesis, a simple linear regression analysis technique was used and the results obtained were that there was an influence between gadget use and language development in early childhood. This is evident from the results of Y = 136.128 - 0.912x. From the equation of this line, the results show that every increase in X (gadget use) will decrease in Y (language development) meaning that there is a negative influence of gadget use on language development. The effective contribution of X to Y is 83%. The results of the study also show that language development is in the low category and gadget use is in the high category.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198600432-
dc.subjectPerkembangan bahasaen_US
dc.subjectLanguage developmenten_US
dc.subjectpenggunaan gadgeten_US
dc.subjectuse of gadgetsen_US
dc.subjectAnak usia dinien_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini di TK Daruz Zikra Medan Tuntunganen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Gadget Use on Language Development in Early Childhood at Daruz Zikra Kindergarten, Medan Tuntunganen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198600432 - Azizah - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV463.77 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
198600432 - Azizah - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.