Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28206
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Dahrul-
dc.contributor.advisorAmelia, Wan Rizca-
dc.contributor.authorGurki, Ernalem-
dc.date.accessioned2025-09-02T08:34:15Z-
dc.date.available2025-09-02T08:34:15Z-
dc.date.issued2025-03-18-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28206-
dc.description63 Halamanen_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial strategi keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha, untuk mengetahui pengaruh secara parsial motivasi terhadap keberhasilan usaha dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan strategi keunggulan bersaing dan motivasi terhadap keberhasilan usaha pada UMKM Tiga Binanga Kabupaten Tanah Karo. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota UMKM yang terdaftar sampai Agustus 2023 sebesar 121 Usaha Kuliner. Sampel dalam penelitian sebanyak 55 UMKM yang diambil dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (Uji t), uji signifikasi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif strategi keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha, terdapat pengaruh positif motivasi terhadap keberhasilan usaha dan strategi keunggulan bersaing dan motivasi berpengaruh terhadap keberhasilan usaha UMKM Tiga Binanga Kabupaten Tanah Karo. The purpose of this research is to determine the partial influence of competitive advantage strategies on business success, to determine the partial influence of motivation on business success and to determine the simultaneous influence of competitive advantage strategies and motivation on business success in Tiga Binanga MSMEs, Tanah Karo Regency. The population in this study were 121 Culinary Businesses registered as members of MSMEs until August 2023. The sample in the research was 55 MSMEs taken using the Slovin formula. The data collection technique used in this research was carried out by distributing questionnaires. The analysis techniques used in this research are multiple linear regression, partial test (t test), simultaneous significance test (F test) and coefficient of determination. The results of the research show that there is a positive influence of competitive advantage strategies on business success, there is a positive influence of motivation on business success and competitive advantage strategies and motivation influence the business success of Tiga Binanga MSMEs, Tanah Karo Regency.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198320360-
dc.subjectstrategi keunggulan bersaingen_US
dc.subjectmotivasi dan keberhasilan usahaen_US
dc.subjectcompetitive advantage strategyen_US
dc.subjectmotivation and business successen_US
dc.titlePengaruh Strategi Keunggulan Bersaing dan Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha pada UMKM Tiga Binanga Kabupaten Tanah Karoen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Competitive Advantage Strategy and Motivation on Business Success in Tiga Binanga MSMEs, Tanah Karo Regencyen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320360 - Ernalem Gurki - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.54 MBAdobe PDFView/Open
198320360 - Ernalem Gurki - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV370.76 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.