Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28264
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Matondang, Armansyah | - |
dc.contributor.advisor | Tamsil, Ilma Saakinah | - |
dc.contributor.author | Ramadhani, Nurul | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-03T08:24:41Z | - |
dc.date.available | 2025-09-03T08:24:41Z | - |
dc.date.issued | 2024-06-13 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28264 | - |
dc.description | 80 Halaman | en_US |
dc.description.abstract | Media sosial merupakan wadah untuk ajang mengaktualisasikan diri melalui sebuah foto. Media sosial digunakan sebagai sarana berkomunikasi untuk membagikan informasi, dan salah satunya menyampaikan informasi mengenai dirinya yang mana hal tersebut berhubungan dengan aktualisasi diri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini pertama, untuk mengetahui proses komunikasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang terjadi dalam Instastories. Kedua, untuk mengetahui gambaran aktualisasi diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi melalui Instastories. Terakhir, untuk mengetahui dampak-dampak dari Instastories bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Fenomenologi. Teori yang menjadi landasan penelitian ini adalah Teori Aktualisasi Diri menurut konsep hierarki kebutuhan (hierarchy of needs) Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini yaitu postingan yang dilakukan di Instastories adalah bagian dari proses mengaktualisasikan diri dengan menunjukkan potensi-potensi diri yang diekspresikan melalui fitur-fitur Instastories. Manfaat yang didapat yaitu pengguna Instastories mampu meningkatkan kreatifitas, menjalin komunikasi dengan teman-teman yang berada di media sosial dan menciptakan gaya hidup sesuai dengan kebutuhan serta mengikuti perkembangan jaman. Social media is a platform for self-actualization through photos. It serves as a means of communication to share information, including information about oneself, which is related to self-actualization. This research is a qualitative descriptive study. The purposes of this research were, first, to understand the communication process of Communication Science students within Instastories. Second, to understand the self-actualization of Communication Science students through Instastories. Lastly, to identify the effects of Instastories on Communication Science students. The research method used was Phenomenology. The theory underlying this research is the Self-Actualization Theory based on Abraham Maslow's hierarchy of needs concept. This research employed data source triangulation. The results showed that posts made on Instastories were part of the self-actualization process, displaying personal potentials expressed through Instastories features. Benefits include enhanced creativity, maintaining communication with friends on social media, and creating a lifestyle according to needs and keeping up with the times. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.relation.ispartofseries | NPM;198530181 | - |
dc.subject | Students | en_US |
dc.subject | Instastories | en_US |
dc.subject | Self-Actualization | en_US |
dc.subject | Mahasiswa | en_US |
dc.subject | Aktualisasi Diri | en_US |
dc.title | Penggunaan Instagram Stories sebagai Media Aktualisasi Diri Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Universitas Medan Area | en_US |
dc.title.alternative | The Use of Instagram Stories as a Self-Actualization Medium for Students of the Communication Studies Program, Class of 2020, Medan Area University | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | SP - Communication Science |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
198530181 - Nurul Ramadhani - Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 5.24 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
198530181 - Nurul Ramadhani - Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 1.79 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.