Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28269
Title: Pengaruh Persepsi Konsumen dan Strategi Pemasaran Digital terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Grab Online (Studi Kasus Warga Kelurahan Amplas)
Other Titles: The Influence of Consumer Perception and Digital Marketing Strategy on the Decision to Use the Grab Online Application (Case Study of Amplas Village Residents)
Authors: Br. Panjaitan, Erlin Santi
metadata.dc.contributor.advisor: Syahputri, Yuni
Keywords: persepsi konsumen;strategi pemasaran digital;keputusan penggunaan;consumer perception;digital marketing strategy;usage decision
Issue Date: 19-Mar-2025
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;198320079
Abstract: Transportasi online adalah salah satu sarana yang sangat dibutuhkan di seluruh penjuru dunia. Dalam penelitian ini meneliti terkait pengaruh persepsi konsumen dan strategi pemasaran digital terhadap keputusan penggunaan aplikasi Grab online pada warga kelurahan Amplas. Jenis penelitian ini adalah asosiatif yang merupakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dua variabel atau lebih dengan pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga kelurahan Amplas yang sudah pernah menggunakan aplikasi Grab online. Metode pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Penelitian ini dilakukan pada warga kelurahan Amplas dengan sampel berjumlah 115 responden. Metode analisis data pada penelitian adalah analisis regresi linear berganda denagan menggunakan Statistical Package For the Social Science For Windows (SPSS). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengaruh persepsi konsumen dan strategi pemasaran digital secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi Grab online pada warga kelurahan Amplas. Nilai koefesien determinasi R2 diperoleh 0,563. Hal ini menyatakan bahwa variabel persepsi konsumen dan strategi pemasaran digital mempengaruhi keputusan penggunaan sebesar 56,3%, dan sisanya 43,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Online transportation is one of the most needed facilities all over the world. This study examines the influence of consumer perception and digital marketing strategies on the decision to use the Grab online application for residents of Amplas Village. This type of research is associative, which is a study with the aim of determining two or more variables with a quantitative approach. The population in this study were all residents of Amplas Village who had used the Grab online application. The sampling method used convenience sampling. This study was conducted on residents of Amplas Village with a sample of 155 respondents. The data analysis method in the study was multiple linear regression analysis using the Statistical Package For the Social Science For Windows (SPSS). The results of this study explain that the influence of consumer perception and digital marketing strategies partially and simultaneously have a positive and significant effect on the decision to use the Grab online application for residents of Amplas Village. The coefficient of determination R2 value was obtained at 0.563. This states that the variables of consumer perception and digital marketing strategies influence the decision to use by 56.3%, and the remaining 43.4% are influenced by other variables not discussed in this study.
Description: 114 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28269
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320079 - Erlin Santi Br Panjaitan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.95 MBAdobe PDFView/Open
198320079 - Erlin Santi Br Panjaitan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV707.74 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.