Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28289
Title: | Perancangan Sasis Sepeda Motor Listrik Berbasis Energi Terbarukan Dengan Kapasitas 500 W |
Other Titles: | Design of a Renewable-Energy-Powered 500 W Electric Motorcycle Chassis |
Authors: | Marpaung, Vincent Singarian |
metadata.dc.contributor.advisor: | Siregar, Muhammad Fadlan |
Keywords: | Electric Motorcycle Chassis;Renewable Energy;Sasis Sepeda Motor;Energi Terbarukan |
Issue Date: | 6-Mar-2025 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Series/Report no.: | NPM;208120010 |
Abstract: | Perkembangan kendaraan listrik berbasis energi terbarukan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi emisi karbon dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. Salah satu tantangan dalam penerapan teknologi ini adalah merancang sistem yang efisien, termasuk desain sasis yang mampu mendukung panel surya sebagai sumber energi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sasis sepeda motor listrik berbasis energi terbarukan dengan kapasitas 500 W, sekaligus membuat dan menguji alat yang mengintegrasikan panel surya sebagai sumber energi untuk menggerakkan motor listrik. Metode penelitian meliputi tahap perancangan desain sasis menggunakan perangkat lunak desain mekanik, pembuatan prototipe sistem panel surya terintegrasi, serta pengujian kinerja panel surya dan sistem pengisian daya baterai. Pengukuran dilakukan untuk mengevaluasi tegangan, arus, dan daya yang dihasilkan panel surya dalam kondisi tanpa beban dan saat digunakan untuk mengisi daya baterai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain sasis yang dirancang mampu menopang panel surya dengan stabilitas dan kekuatan yang baik. Panel surya yang digunakan menghasilkan daya maksimal sebesar 48,06 W tanpa beban dan 11,91 W saat terhubung dengan beban baterai. Sistem pengisian daya baterai juga bekerja secara efisien, memastikan energi yang dihasilkan panel surya dapat digunakan untuk menggerakkan motor listrik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem sasis sepeda motor listrik berbasis energi terbarukan dengan kapasitas 500 W berhasil dirancang dan diimplementasikan. Sistem ini membuktikan potensi energi terbarukan sebagai alternatif sumber energi yang berkelanjutan untuk kendaraan listrik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan lebih lanjut dalam inovasi kendaraan listrik ramah lingkungan. The development of elec:trlc: vehicle.v ha.ved nn renewahle energy becomes one of the solutions to reduce c:urbon em/,rJirJn.v and dependence on fossil f uels. One of the cha//enge.v in applying this tec:hnolozy i.r designing an efficient system, induding a chavsi.v de.'Ji;_;n c:apahle r1f .vuppnrting solar panels as an energy source. Thi.v re.vearch aimed to de.vi;;n a chassis fr1r a renewable energy-based electric mvtony c:le with a c:apacity of 5fJ0 W. as well as to create and test a device that inte15rated .volar panel,v av an energy ,vource lo drive the electric motor. The research method inc:luded the de.vign stage of the chassis using mechanical design .wftware, the construction of an intewated solar panel prototype system, and the performance testing of the solar panel and battery charging 5y.vtem. Measurements were conducted to evaluate the voltage, current, and power generated by the solar panel under no-load conditions and when used to charge the ballery. The results of this research showed that the designed chassis wav able to .vupport the .volar panel with good stability and strength. The solar panel used generated a maximum power of 48.06 W without load and 11.91 W when connected to the hattery load. The battery charging system also worked efficiently, ensuring that the energy generated by the solar panel could be used to drive the electric motor. The conclusion of this research was that the chassis system of the renewable energy-based electric motorcycle with a capacity of 500 W was successfully designed and implemented. This system demonstrated the potential of renewable energy as a sustainable alternative energy source for electric vehicles. This research is expected to serve as a basis for further development in environmentally friendly electric vehicle innovations. |
Description: | 41 Halaman |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28289 |
Appears in Collections: | SP - Electrical Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
208120010 - Vincent Singarian Marpaung - Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 216.56 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
208120010 - Vincent Singarian Marpaung - Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 1.18 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.