Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28455
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSaraswaty, Rina-
dc.contributor.authorZega, Edwin Pasti Tabah-
dc.date.accessioned2025-09-10T07:55:34Z-
dc.date.available2025-09-10T07:55:34Z-
dc.date.issued2025-04-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28455-
dc.description12 Halamanen_US
dc.description.abstractPola pemukiman adalah tempat manusia bermukim dan melakukan aktivitas sehari-hari. Bentuk penyebaran penduduk dapat dilihat berdasarkan kondisi alam dan aktivitas penduduk. Menurut Wicaksono (2010) pola pemukiman kumuh yaitu pemukiman yang tidak memungkinkan lagi untuk dapat mencapai kehidupan layak bagi penghuninya. Jalan Ampera Raya, kota Medan, merupakan salah satu area pemukiman kumuh di kota Medan. Area ini merupakan area bantaran rel kereta api. Tujuan penelitian adalah melihat pola pemukiman kumuh pada pinggiran bantaran rel kereta api. Adapun metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, deskripsi dengan menggunakan obsevasi lapangan, wawancara dan kuesioner. Menurut hasil pemukiman, pola pemukiman karakteritik bangunan yang padat di sekitar pusat aktivitas ekonomi dan pendidikan. Tingkat keamanan, kemampuan untuk mengakses fasilitas umum, dan manajemen limbah adalah beberapa aspek yang dipengaruhi oleh kondisi ini. Semua aspek ini menarik perhatian penduduk setempat. This study examines settlement patterns are places where humans live and carry out daily activities. The form of population distribution can be seen based on natural conditions and populations activities. According to wicaksosno (2010), a slum settlement pattern is a settlement where it is no longer possible to achieve a decent life for its residents. Jalan ampera raya, medan city, is one of the slum areas in the city of medan. This area is an area near the railroad tracks. The aim of the research is to look at the pattern of slum settlements on the outskirts of the railroad tracks. The research method was carried out using descriptive quantitative qualitative methods using field observations, interviews and questionnaires. According to the research results, the pattern of slum settlements in the area tends to be linear, following railway lines, and has the characteristics of denses buildings around centers of economic and educational activity. The level of security, ability to access public facilities, and waste management are some of the aspects affected by this condition. All these aspects attract the attention of local residents.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198140006-
dc.subjectbantaran rel kereta apien_US
dc.subjectkawasan kumuhen_US
dc.subjectpola pemukimanen_US
dc.subjectrailroad tracksen_US
dc.subjectslum areaen_US
dc.subjectsettlement patternsen_US
dc.titlePola Pemukimamn Kumuh Pada Pinggiran Bantara Rel Kereta Api Di Jl. Ampera Raya, Kec. Medan Timur, Kota Medanen_US
dc.title.alternativeSlum Settlement Patterns On The Railway Sidings at Jl. Ampera Raya, Kec. Medan Timur, Medan Cityen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Architecture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198140006 - Edwin Pasti Tabah Zega.pdfFulltext698.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.