Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28505
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSahir, Syafrida Hafni-
dc.contributor.authorSitinjak, Rani Putri Debora-
dc.date.accessioned2025-09-11T08:14:11Z-
dc.date.available2025-09-11T08:14:11Z-
dc.date.issued2025-03-28-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28505-
dc.description8 Halamanen_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap peningkatan pendapatan, untuk mengetahui pengaruh penerapan e-commerce terhadap peningkatan pendapatan dan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan penerapan e-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kelurahan Tanjung Rejo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Kota Medan Kelurahan Tanjung Rejo yang berjumlah 74 pelaku usaha. Sampel dalam penelitian sebanyak 74 masyarakat yang diperoleh dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (Uji t), uji signifikasi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan, penerapan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan, dan inovasi produk dan penerapan e-commerce secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kelurahan Tanjung Rejo . The aim of this research is to determine the effect of product innovation on increasing income, to determine the effect of implementing e-commerce on increasing income and to determine the effect of product innovation and implementing e-commerce on increasing MSME income in Tanjung Rejo Village. The population in this study were 74 business actors in Medan City, Tanjung Rejo Subdistrict. The sample in the study was 74 people obtained using saturated samples. The data collection technique used in this research was carried out by distributing questionnaires. The analysis techniques used in this research are multiple linear regression, partial test (t test), simultaneous significance test (F test) and coefficient of determination. The results of the research show that product innovation has a positive and significant effect on increasing income, the application of e-commerce has a positive and significant effect on increasing income, and product innovation and the application of e-commerce simultaneously have an effect on increasing the income of MSMEs in Tanjung Rejo Village.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198320348-
dc.subjectInovasi Produken_US
dc.subjectPeningkatan Pendapatanen_US
dc.subjectPenerapan E-Commerceen_US
dc.subjectIncreasing Incomeen_US
dc.subjectProduct Innovationen_US
dc.subjectImplementation of E-Commerceen_US
dc.titlePengaruh Inovasi Produk dan Penerapan E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKMen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Product Innovation and E-Commerce Implementation on Increasing MSMEs’ Incomeen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320348 - Rani Putri Debora Sitinjak.pdfFulltext399.52 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.