Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28511
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Dahrul-
dc.contributor.authorSiagian, Rizky Arrasyid-
dc.date.accessioned2025-09-11T08:26:46Z-
dc.date.available2025-09-11T08:26:46Z-
dc.date.issued2025-05-21-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28511-
dc.description.abstractDunia pendidikan diharapkan memiliki peran besar untuk ikut mengatasi persoalan-persoalan terkait pengangguran di Indonesia. Mata kuliah kewirausahaan bertujuan untuk menumbuhkan kecenderungan mahasiswa untuk membuka usaha sendiri (berwirausaha) di masa mendatang. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi mahasiswa untuk berwirausaha nantinya dan tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh motivasi dan minat berwirausaha terhadap membuka usaha baru pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara Angkatan 2019 yakni 242 orang dan 70 orang dengan menggunakan rumus Slovin diambil menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan minat berwirausaha berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap membuka usaha baru pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. The world of education is expected to have a big role in overcoming problems related to unemployment in Indonesia. The entrepreneurship course aims to foster students' tendency to open their own business (entrepreneurship) in the future. Many factors can influence students to become entrepreneurs in the future and the aim of this research is to analyze the influence of motivation and interest in entrepreneurship on opening a new business among students at the Faculty of Psychology, University of North Sumatra. This type of research is quantitative with an associative approach. The research population was students from the Faculty of Psychology, University of North Sumatra for the 2019 academic year, namely 242 people and 70 people using the Slovin formula were taken as the research sample. Data collection techniques through distributing questionnaires and documentation. The analysis technique used is multiple linear regression analysis and previously a classical assumption test was carried out. The results of the research show that motivation and interest in entrepreneurship have a partial or simultaneous influence on opening a new business among students at the Faculty of Psychology, University of North Sumatra.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188320228-
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectMinaten_US
dc.subjectBerwirausahaen_US
dc.subjectMembuka Usaha Baruen_US
dc.subjectMotivationen_US
dc.subjectInteresten_US
dc.subjectEntrepreneurshipen_US
dc.subjectOpening a New Businessen_US
dc.titlePengaruh Motivasi Dan Minat Berwirausaha Terhadap Memulai Usaha Baru Pada Mahasiswa (Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188320228 - Rizky Arrasyid Siagian - Fulltext.pdfFulltext1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.