Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28582
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRiadi, Selamat-
dc.contributor.authorSiregar, Khoirun Nisa-
dc.date.accessioned2025-09-15T07:39:27Z-
dc.date.available2025-09-15T07:39:27Z-
dc.date.issued2025-04-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28582-
dc.description8 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini membahas strategi hubungan masyarakat dalam menangani keluhan pelanggan di PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero Cabang Tanjung Balai Asahan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi diterapkan dalam menangani keluhan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi responsif, digitalisasi layanan, dan komunikasi interpersonal berperan penting dalam penanganan keluhan pelanggan. Implementasi sistem manajemen keluhan berbasis digital memungkinkan pelanggan menyampaikan keluhan dengan lebih mudah dan mempercepat proses penyelesaian masalah. Selain itu, interaksi langsung antara perusahaan dan pelanggan menciptakan kepercayaan dan meningkatkan kepuasan layanan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa strategi hubungan masyarakat yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan serta memperkuat reputasi perusahaan sebagai penyedia layanan kepelabuhanan yang profesional dan berorientasi pada kualitas pelayanan yang lebih baik This study discusses public relations strategies in handling customer complaints at PT. Port Indonesia (Pelindo) Persero Tanjung Balai Asahan Branch. The focus of this research is how communication strategies are applied in handling complaints to improve customer satisfaction and maintain the company's image. This study uses a qualitative method with a descriptive approach, where data is collected through interviews, observations, and document analysis. The results of the study show that responsive communication strategies, service digitization, and interpersonal communication play an important role in handling customer complaints. The implementation of a digital-based complaint management system allows customers to submit complaints more easily and speed up the problem resolution process. In addition, direct interaction between the company and customers creates trust and increases service satisfaction. The conclusion of this study confirms that a good public relations strategy can increase customer loyalty and strengthen the company's reputation as a professional and quality-oriented port service provider.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188530137-
dc.subjecthubungan masyarakaten_US
dc.subjectkeluhan pelangganen_US
dc.subjectkomunikasi responsifen_US
dc.subjectdigitalisasien_US
dc.subjectpublic relationsen_US
dc.subjectcustomer complaintsen_US
dc.subjectresponsive communicationen_US
dc.subjectdigitalizationen_US
dc.titleStrategi Hubungan Masyarakat dalam Menangani Keluhan Pelanggan di PT. Pelabuhan Indonesia Persero Cabang Tanjung Balaien_US
dc.title.alternativePublic Relations Strategy in Handling Customer Complaints at PT. Port of Indonesia Persero Tanjung Balai Branchen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188530137 - Khoirun Nisa Siregar - Fulltext.pdfFulltext348.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.