Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28591
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBarus, Rehia K. Isabella-
dc.contributor.authorSimanungkalit, Sylvi Alexandra-
dc.date.accessioned2025-09-15T08:14:17Z-
dc.date.available2025-09-15T08:14:17Z-
dc.date.issued2025-04-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28591-
dc.description8 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motif penggunaan fitur Close Friends Instagram terhadap pengungkapan informasi pribadi di kalangan mahasiswa psikologi Universitas Medan Area angkatan 2021-2022. Fitur Close Friends memungkinkan pengguna untuk berbagi cerita dengan audiens terbatas, yang meningkatkan kontrol atas privasi dan memfasilitasi pengungkapan diri (self-disclosure). Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan seperti indikator motif penggunaan fitur Close Friends Instagram, dan pengungkapan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei dan analisis regresi untuk menguji pengaruh motif hiburan, identitas diri, interaksi sosial, dan privasi terhadap pengungkapan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif hiburan dan identitas diri memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap pengungkapan informasi dibandingkan dengan motif lainnya. Fitur Close Friends memberikan mahasiswa ruang yang lebih pribadi untuk berbagi pengalaman dan memperkuat identitas mereka, sekaligus mengelola kekhawatiran terkait privasi. Temuan ini memperkuat teori self-disclosure dan Uses and Gratifications, serta mengungkapkan bahwa media sosial dapat memberi kendali lebih besar terhadap privasi tanpa mengurangi kedekatan sosial. This study aims to analyze the influence of motives for using the Instagram Close Friends feature on the delivery of personal information among psychology students of Medan Area University, class of 2021-2022. The Close Friends feature allows users to share stories with a limited audience, which increases control over privacy and facilitates self-disclosure. In order to approach this problem, references such as indicators of motives for using the Instagram Close Friends feature and disseminating information are used. This study uses a quantitative approach with surveys and regression analysis to test the influence of entertainment, self-identity, social interaction, and privacy motives on information disclosure. The results showed that entertainment and self-identity motives had a greater influence on information disclosure than other motives. The Close Friends feature provides students with a more private space to share experiences and strengthen their identity, while managing concerns about privacy. These findings strengthen the theories of self-disclosure and Uses and Gratifications, and reveal that social media can provide greater control over privacy without reducing social closeness.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198530076-
dc.subjectmotif penggunaanen_US
dc.subjectfitur close friendsen_US
dc.subjectpengungkapan informasien_US
dc.subjectmotives for useen_US
dc.subjectclose friends featureen_US
dc.subjectinformation disclosureen_US
dc.titlePengaruh Motif Penggunaan Fitur Close Friends Instagram Terhadap Pengungkapan Informasien_US
dc.title.alternativeThe Influence of Motives for Using Instagram Close Friends Feature on Information Disclosureen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198530076 - Sylvi Alexandra Simanungkalit - Fulltext.pdfFulltext348.99 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.