Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28638
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIlvira, Rika Fitri-
dc.contributor.authorRahman, Sultan Arif-
dc.date.accessioned2025-09-16T07:53:56Z-
dc.date.available2025-09-16T07:53:56Z-
dc.date.issued2025-02-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28638-
dc.description7 Halamanen_US
dc.description.abstractKangkung rendang merupakan produk olahan inovatif yang dihasilkan dari kangkung hidroponik, memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan produsen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara penggunaan e-commerce terhadap peningkatan penjualan kangkung rendang pada UMKM Syifa Hidroponik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana untuk mengukur pengaruh e-commerce. Penelitian ini menggunakan data primer dilakukan dengan cara survey dan wawancara kepada konsumen, jumlah responden pada penelitian ini yaitu 30 responden. Data dianalisis dengan bantuan Sofware SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce secara signifikan meningkatkan efektivitas pemasaran dan penjualan produk kangkung rendang, sehingga berdampak positif pada pendapatan UMKM. t-hit dan Sig. (p-value): Menunjukkan signifikansi statistik dari koefisien. Jika p-value < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa pengaruh e-commerce terhadap penjualan signifikan. Oleh sebab itu data pada penelitian ini signifikan dan e-commerce berpengaruh terhadap peningkatan penjualan karena nilai E-Commerce (X) pada Sig. (p-value) sebesar 0,002. Kangkung rendang is an innovative processed product produced from hydroponic kale, providing added value and increasing producer income. This study aims to analyze the effect of e-commerce usage on increasing sales of kale rendang at Syifa Hidroponik MSMEs. The study uses quantitative methods with simple linear regression analysis to measure the effect of e-commerce. This study uses primary data conducted by means of surveys and interviews with consumers, the number of respondents in this study was 30 respondents. Data were analyzed with the help of SPSS Software. The results showed that the use of e-commerce significantly increased the effectiveness of marketing and sales of kale rendang products, thus having a positive impact on MSME income. t-hit and Sig. (p-value): Shows the statistical significance of the coefficient. If the p-value <0.05, then it can be said that the effect of e-commerce on sales is significant. Therefore, the data in this study is significant and e-commerce has an effect on increasing sales because the value of E-Commerce (X) in Sig. (p-value) is 0.002.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198220079-
dc.subjecte-commerceen_US
dc.subjectkangkung rendangen_US
dc.subjectUMKM syifa hidroponiken_US
dc.subjectpeningkatan penjualanen_US
dc.subjectincreased salesen_US
dc.titlePengaruh E-Commerce Terhadap Tingkat Penjualan Kangkung Rendang Pada UMKM Syifa Hidroponiken_US
dc.title.alternativeThe Influence of E-Commerce on the Sales Level of Kangkung Rendang at Syifa Hydroponic UMKMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198220079 - Sultan Arif Rahman - Fulltext.pdfFulltext434.38 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.